Hasto Kristiyanto Jawab Isu Eks Panglima TNI Andika Perkasa Gabung PDIP

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Setelah pensiun sebagai TNI, Jenderal (Purn) Andika Perkasa ramai dikabarkan bergabung dengan PDI Perjuangan. Eks Panglima TNI itu saat ini bahkan digadang-gadang sebagai salah satu bakal cawapres potensial pendamping capres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menjawab soal kabar Andika Perkasa yang disebut-sebut bergabung dengan partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut. Hasto menegaskan, Andika Perkasa memiliki kesamaan misi dengan partai banteng moncong putih, yaitu menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI. 

"Jadi saya jawab saja. Siapa yang berjuang bagi pembumian Pancasila sebagai ideologi yang menyatukan bangsa, menjaga keutuhan NKRI, berjuang bagi kemajuan Indonesia raya kita sebagaimana Presiden Jokowi, itu merupakan patriot-patriot sejati yang memang senapas dengan jati diri PDIP," kata Hasto kepada wartawan di Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juli 2023.

Ahok: Yang Mau Mimpin Jakarta Harus Bisa Buktikan Hartanya Dari Mana

Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa

Photo :
  • Istimewa

Antara PDIP dengan Andika, lanjut Hasto, keduanya memiliki hubungan yang sangat baik. Bahkan seperti keluarga. Hasto melihat, Andika sebagai sosok pemimpin yang berani dan disiplin ketika masih aktif sebagai Panglima TNI.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

"Tapi ketika publik mempersepsikan Pak Andika ini tegas, membangun organisasi, memiliki keberanian dalam menegakan disiplin bagi yang melanggar hukum. Dan kemudian rekam jejak yang sangat luas termasuk melakukan diplomasi pertahanan," katanya.

Oleh sebab itu, Hasto menganggap wajar bila Andika didorong publik menjadi calon wakil presiden (cawapres) serta tim kampanye Ganjar Pranowo.

"Itu sudah lebih dari anggota PDI Perjuangan," tuturnya.

Jenderal (Purn) Andika Perkasa sebelumnya mengaku siap untuk berlaga di Pilpres 2024 nanti. Termasuk bila mantan Panglima TNI tersebut ditugaskan untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres). Nama Andika Perkasa memang sempat mencuat beberapa waktu ini, setelah dirinya pensiun dari TNI.

"Saya siap, apapun yang ditugaskan saya siap," ujar Andika kepada wartawan, dalam acara juru kampanye (Jurkam) pemenangan Ganjar Pranowo, di Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juli 2023.

Peluang Andika tersebut diamini oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. Dia mengatakan, Andika Perkasa tidak hanya cocok menjadi ketua tim pemenangan Ganjar Pranowo. Tetapi juga berpeluang menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

"Jadi antara sebagai timses, kemudian opsi-opsi sebagai bakal calon wakil presiden itu juga masih terbuka buat Pak Andika, ini kan pengalaman yang luas," kata Hasto.

Terlebih, lanjut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri belum menentukan siapa cawapres Ganjar Pranowo. Menurutnya, terbuka kemungkinan Andika Perkasa termasuk salah satu dari 10 nama bakal cawapres yang berada di kantong Megawati.

"Memang wajar kalau publik mempersepsikan beliau sebagai figur yang tidak hanya cocok sebagai salah satu kandidat yang namanya ada 10 dalam daftar Ibu Mega. Akan tetapi juga di dalam penguatan tim pemenangan Pak Ganjar Pranowo. Itu sudah lebih dari anggota PDI Perjuangan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya