Surya Paloh Bocorkan Komentar Jokowi soal Pidato Kegagalan Revolusi Mental

Surya Paloh saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berkomentar soal sindirannya mengenai gagasan revolusi mental yang dianggap belum maksimal hingga kini.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Menurut Surya Paloh, Presiden Jokowi mewanti-wanti pernyataan apa yang ke depan bakal dilontarkan Surya Paloh. Komentar ini, kata Surya Paloh disampaikan Jokowi dalam pertemuan di Istana Negara pada Senin, 17 Juli 2023.

"Ada (komentar Presiden Jokowi soal pidato saya kemarin). 'Saya sedang tunggu-tunggu, bang Surya ngomong apalagi ini'," kata Surya Paloh lalu tertawa saat berbincang dengan awak media di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juli 2023.

Buka Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah, Nasdem Sumut: Tanpa Mahar

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat memberi keterangan pers.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Andrew Tito

Paloh mengatakan, pada pertemuan kemarin di Istana Negara, obrolan dengan Presiden Jokowi berlangsung dalam suasana kekeluargaan. Surya menilai, suasana seperti itulah yang harus dicerminkan ke publik jelang Pemilu 2024.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

"Ya suasana kekeluargaan, itu saya harus jujurlah mengatakan itu, dan saya pikir ini yang bagus sekali. Karena ini yang kita butuhkan. Suasana kita menghadapi Pemilu 2024 yang waktunya tidak terlalu lama lagi di depan mata kita," kata Surya Paloh. 

Dia juga menambahkan, pada pertemuan kemarin, Jokowi juga sempat menanyakan sosok bakal cawapres Anies Baswedan. Tapi, kata Surya, dirinya juga tidak mengetahui. 

“Pak Jokowi juga tanya, ‘siapa ni wakil presidennya ni’. (Saya jawab) wah saya belum mikirin itu, yang saya tau Pak Anies itu. Saya bilang saya belum memahami, Pak Anies yang palih tahu,” imbuhnya. 

Diketahui, dalam pidatonya di Acara Apel Siaga Perubahan, GBK, Minggu, 16 Juli 2023, Surya Paloh sempat menyayangkan progres kemajuan bangsa Indonesia yang tidak signifikan. Paloh mengungkit apa yang akan diberikan Indonesia saat hari kemerdekaannya Agustus nanti.

Awalnya Surya Paloh menyebut gagasan Perubahan sejalan dengan revolusi mental yang diusung Presiden Jokowi. Dia sempat mengungkit dukungan Partai Nasdem penuh kepada Jokowi di 2014.

"Ketika pada tahun 2014 pemilu dengan seluruh kekuatan dan harapan energi yang kita miliki, kita dukung yang namanya Presiden Jokowi kala itu sebagai calon presiden untuk menjadi presiden. Ketika memberikan dukungannya secara totalitas," kata Surya Paloh.

Surya Paloh menyebut secara logika semestinya Indonesia sudah mengalami kemajuan yang signifikan. Namun, yang dirinya lihat justru harapan itu belum terealisasi.

"Logika kita menyatakan kita yakin progres perjalanan kemajuan kita berbangsa dan bernegara akan jauh lebih hebat seperti apa yang kita harapkan. Tapi, sayang seribu kali sayang, sayang seribu kali sayang harapan belum menjadi kenyataan. Apa yang harus berani kita nyatakan menjelang 78 tahun kemerdekaan bangsa yang kita miliki, sebenarnya kita memahami bahwasanya kemerdekaan yang kita miliki ini bukanlah hanya pemberian atau hadiah yang kita peroleh dari kaum penjajah," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya