Usai Disidang Dewan Etik, Ridwan Hisjam: Kalau Airlangga Maju Capres, Saya Siap Jadi Panglimanya

Anggota Dewan Pakar Golkar Ridwan Hisjam usai dipanggil Dewan Etik.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Ridwan Hisjam memenuhi panggilan Dewan Etik terkait wacana mendorong Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Ada beberapa hal yang diklarifikasi Ridwan ke Dewan Etik Golkar.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

Ridwan mengatakan, Dewan Pakar tak punya kekuasaan atau hak untuk menggelar munaslub. Ia bilang, Dewan Pakar hanya berwenang beri masukan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Pun, ia menambahkan, Dewan Pakar juga tak berwenang masukan yang direkomendasikannya mesti dijalankan Ketua Umum Golkar.

PPP Klaim Suara Partai Hilang di Dapil Jatim, Pindah ke Partai Garuda

“Dia hanya memberikan masukan kepada Ketua Umum, bukan kepada DPP. Oleh ketua umum mau dipakai atau tidak dipakai, itu hak ketua umum,” kata Ridwan usai sidang Dewan Etik di Kantor DPP Partai Golkar, Selasa, 18 Juli 2023.

Dia mengklaim dirinya tak ingin ada munaslub Golkar. Menurut Ridwan, rekomendasi yang dikeluarkan Dewan Pakar, hanya terkait masukan agar Airlangga segera mendeklarasikan diri menjadi calon presiden. Sebab, Airlangga capres merupakan keputusan Musyawarah Nasional atau Munas 2019.

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Anggota Dewan Pakar Golkar Ridwan Hisjam usai dipanggil Dewan Etik.

Photo :
  • istimewa/Andrew Tito

Ridwan juga tak menampik Dewan Pakar merekomendasikan agar Airlangga membuat poros koalisi baru yang bisa memudahkannya memiliki kendaraan jadi bakal capres. Dia menegaskan, kecintaannya terhadap Golkar dan Airlangga tidak goyah sama sekali.

“Saya tidak pernah kemana-mana. Dan kecintaan saya kepada Ketua Umum (Airlangga Hartarto). Karena saya satu korps sama Pak Airlangga di persatuan Insinyur,” jelas Ridwan.

Lebih lanjut, dia siap jadi panglima pemenangan Airlangga jika sudah mendeklarasikan diri sebagai bakal capres. Ridwan menyebut dirinya tak ada sama sekali niat untuk menurunkan Airlangga dari posisi Ketum Golkar.

"Kalau Airlangga maju, capres, kita akan fight. Saya tidak ada mau menurunkan Airlangga (dari Ketum Golkar),” tutur Ridwan.

Dia pun berharap agar Airlangga tak ragu membentuk poros koalisi baru di Pilpres 2024. Kata Ridwan, seluruh kader siap berjuang untuk Airlangga jika bersedia mendeklarasikan diri sebagai bakal capres 2024.

Ia bilang demikian karena sejauh ini belum ada sosok capres resmi. Baik Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, maupun Anies Baswedan yang semuanya masih juga bakal capres.

Ridwan mengaku siap mengawal Airlangga nyapres dan jadi bagian tim pemenangannya.

“Kalau Airlangga maju, saya siap jadi panglimanya Airlangga, saya bilang gitu. Dan tadi saya ulang, saya siap jadi penglimanya Airlangga kalau dia maju jadi capres. Sudah jelas, tidak ada abu-abu,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya