Surya Paloh Bertemu Jokowi, Anies: Pilihan Politik Boleh Beda tapi Dialog Jalan

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Bakal calon Presiden 2024, Anies Baswedan menanggapi pertemuan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dengan Presiden RI Jokowi di Istana Negara, Jakarta, belum lama ini. Menurut dia, pertemuan tersebut sangat bagus dilakukan oleh Jokowi dan Surya Paloh.

Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Ditunda, Menag: Bentuk Keberpihakan Pemerintah

“Baik-baik saja ya. Jadi, menurut saya komunikasi yang terbangun dengan semua pihak itu positif. Dan, rasanya memang perlu makin banyak lagi komunikasi-komunikasi yang terbuka,” kata Anies di Jakarta Pusat pada Kamis, 20 Juli 2023.

Menurut Anies, seyogyanya dialog atau diskusi harus tetap dilakukan meskipun berbeda pilihan. Dengan demikian, ia mengatakan jangan sampai adanya perbedaan pilihan itu membuat komunikasi atau diskusi malah berhenti.

Respons Ketua KPU Usai Disanksi DKPP Gegara Kebocoran Data Pemilih

“Kita sering cenderung untuk menganggap bila berdialog, berdiskusi berarti pilihannya sama. Bila pilihannya beda, maka tidak dialog, tidak diskusi. Kita membutuhkan lebih banyak lagi pertemuan-pertemuan yang menunjukkan pilihannya boleh beda, tapi dialognya jalan,” jelas eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Viral, Ibu-Anak di Muna Luka-luka Tertimpa Pohon Jatuh Imbas Helikopter Jokowi

Anies mengaku tak membahas dengan Surya Paloh terkait sosok bakal calon wakil presiden lantaran ditanyakan Jokowi. Menurut dia, sebaiknya semua menunggu pada saatnya akan disampaikan ke publik. “Nggak. Nanti dah tunggu pengumuman,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta.

Pun, ia juga menanggapi pertemuan antara Partai Demokrat dengan Partai Gerindra merupakan hal yang bagus. Diketahui, Demokrat saat ini melakukan penjajakan komunikasi politik koalisi dengan Partai NasDem dan PKS untuk Pemilu 2024.

“Nah, sama jawabannya. Kenapa jadi pertanyaan? Karena selama ini kalau beda pilihan nggak ada dialog. Jadi, ketika ada dialog jadi pertanyaan, dimintai komentarnya. Padahal, sebuah landscape politik di Indonesia itu sehat, baik dan perlu. Mulai sekarang menurut saya jadi kebiasaan, positif,” tutur Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya