Bukan Cagub atau Cawapres, Gibran Disarankan Matang Dulu Jadi Walkot Solo 2 Periode

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Solo - Mencuat wacana Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang didorong maju jadi bakal calon gubernur atau cagub hingga bakal calon wakil presiden atau cawapres. Namun, elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyarankan Gibran agar dua periode sebagai Walkot Solo.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

PKS ingin putra sulung Presiden Jokowi itu untuk kembali maju sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada 2024.

“Kalau saya tetap mendukung mas wali. Ayo, kita besarkan Solo dulu lah untuk dua periode sehingga nanti legacy-nya makin kelihatan. Kemudian, kematangan beliau akan luar biasa,” kata Ketua Bapillu DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto di Solo, Selasa, 25 Juli 2023.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Menurut dia, Gibran masih dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah yang masih belum beres di Solo. Salah satunya masalah kemiskinan yang masih banyak. Lalu, persoalan infrastruktur yang relatif berjalan baik.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Sugeng juga menyinggung persoalan banjir yang masih terjadi di beberapa titik Kota Solo yang mesti diselesaikan. Selain itu, ada permasalahan pendidikan yang masih harus dipikirkan.

“Apa yang menjadi proyeksi berikutnya, ayo PR Solo masih banyak. Dan, saya kita mas wali pernah statement akan menyelesaikan PR-PR Solo itu," lanjut Sugeng.

"Ayo kita dampingi menyelesaikan PR Solo dulu baru setelah itu naik ke yang lebih tinggi,” ujarnya.

Sugeng mengatakan, DPD PKS Solo siap mendukung Gibran jika nanti kembali mencalonkan sebagai calon Wali Kota Solo di periode keduanya. Adapun di Pilkada Solo 2020, PKS tak mendukung Gibran karena saat itu memilih abstain dalam pesta demokrasi.

Dia bilang siap mengusulkan ke DPP PKS terkait arah dukungan politik ke Gibran di Pilkada Solo 2024.

“Saya pribadi mengusulkan kepada struktur nanti untuk mendukung mas wali dua periode. Kalau rekomendasi DPD (Solo) setuju, pasti akan ke DPP,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan setelah dua periode menjabat Wali Kota Solo selesai, langkah berikut Gibran akan didukung sepenuhnya. Bauk itu maju sebagai cagub atau kalau memungkinkan cawapres.

“Dua periode habisin di Solo. Pasca itu mau ke RI sekalian, ayo kita dorong,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya