Hadiri Rakernas Apdesi, Prabowo Ungkit Jasanya Perjuangkan Rp 1 Miliar Satu Desa

Bakal Capres Prabowo Subianto berorasi di Rakernas Apdesi di Universitas Jambi
Sumber :
  • Apdesi

Jambi – Menteri Pertahanan yang juga bakal calon Presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengungkit jasanya memperjuangkan anggaran dana desa, yakni Rp 1 miliar untuk satu desa. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Hal tersebut disampaikan Prabowo saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Rakernas Apdesi) yang berlangsung di Balairung Universitas Jambi, Rabu, 26 Juli 2023.

"Kalian ingat? Saya berjuang sama kalian bukan tahun ini, bukan lima tahun, belasan tahun, dan kita sudah ada buktinya," kata Prabowo  

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

"Dan waktu itu saya yang pertama berkomitmen dengan kalian, satu miliar satu desa," tegasnya

Pada saat itu, klaim Prabowo, Ia meminta agar anggaran dana desa Rp 1 miliar satu desa langsung ditransfer ke daerah, sehingga cepat dieksekusi untuk program pemberdayaan masyarakat desa.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

"Waktu itu kita mintanya langsung ke desa jangan banyak mampir-mampir. Di Indonesia terlalu banyak mampir-mampir. Kalau terlalu banyak mampir bocornya lumayan juga itu, bener enggak?" ujar Prabowo

Prabowo yang juga Ketua Umum Gerindra itu menekankan kepada para kepala desa agar bertanggungjawab dalam mengelola dana desa. Ketika dana desa sudah ditransfer ke daerah, maka gunakan dana tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat desa.

"Presiden sudah negur, dana jangan dipakai rapat ini, rapat itu, perjalanan dinas ini, perjalanan dinasitu, ojo aji mumpung. Mengabdi untuk rakyatmu membangun desa berarti membangun bangsa," tegasnya

Diketahui, program satu miliar per desa telah dikampanyekan Prabowo menjelang Pilpres 2014 lalu. Pada 26 Oktober 2013, sejumlah kepala desa menyatakan telah menerima surat berisi janji Prabowo Subianto itu. 

Pada saat debat capres 2014, Prabowo Subianto juga mengklaim dirinya yang pertama kali menggulirkan ide satu miliar satu desa. Prabowo yang saat itu berpasangan dengan Hatta Rajasa berjanji bila memenangkan Pilpres 2014, maka akan mengucurkan anggaran Rp 1 miliar untuk setiap desa.

Klaim Prabowo soal inisiatif dana desa itu menuai polemik. Lawan Prabowo di Pilpres 2014, Joko Widodo atau Jokowi mempertanyakan klaim tersebut. Menurutnya, bantuan dana desa sudah tercantum dalam Undang-Undang Desa yang telah disahkan di DPR.  
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya