PPP Singgung Romantisme Anies-Sandiaga, Bakal Ada Reuni Duet di Pilpres?

Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono bersama Ketua Bappilu Sandiaga Uno seusai pelantikan pengurus WPP masa bakti 2023-2027 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 30 Juli 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Ananto Pradana

Surabaya - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Mardiono menyinggung relasi Anies Baswedan dan Sandiaga Uno saat berhasil memenangkan Pilkada DKI Tahun 2017. Kata Mardiono, keberhasilan Anies memimpin Jakarta selama lima tahun tentu tak terlepas dari dukungan dan kolaborasi dengan Sandiaga Uno kala itu.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Beliau (Sandiaga) berhasil mengantar Anies menjadi Gubernur DKI Jakarta. Keberhasilan itu enggak mungkin tanpa andil Sandiaga," ucap Mardiono dalam acara pelantikan pengurus DPP Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) di Surabaya, dikutip Senin, 31 Juli 2023.

Prabowo berbincang bersama Gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat
Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Pernyataan Mardiono lantas membuka kembali wacana terulangnya duet antara Anies dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2024. Wacana yang sama juga sempat diungkap Presiden PKS, Ahmad Syaikhu dalam sebuah pertemuan di Makassar, 2022 lalu.

Menurut Syaikhu kala itu, wacana duet Anies sebagai bakal calon presiden dan Sandiaga bakal calon wakil presiden di Pilpres 2024 itu bisa saja terjadi. Mengingat, hasil survei internal PKS masih memotret Sandi sebagai salah satu kandidat pendamping Anies.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Meski begitu, Syaikhu menyebut keputusan terakhir berada di tangan Anies sesuai dengan kesepakatan di Piagam Koalisi.

”Tentu politik ini dinamis dan masih sangat mungkin bisa terjadi. Oleh karenanya, kami di Koalisi Perubahan untuk Persatuan tentu sepenuhnya sebagai kesepakatan di Piagam Koalisi akan menyerahkan masalah cawapres ini kepada capres kita, Anies Rasyid Baswedan,” ucap Syaikhu.

Koalisi Perubahan dukung Anies Baswedan sudah tandatangani piagam kesepakatan.

Photo :
  • istimewa/Edwin Firdaus

Di sisi lain, Sandiaga Uno sendiri pernah menyatakan kerinduan untuk berkoalisi kembali dengan PKS. Menurutnya, PKS selalu berjuang dengan hati selama berkoalisi dengan dirinya.

"Saya berjuang dengan bersama PKS ini sudah berkali-kali ya dan terbukti teman-teman PKS ini berjuang dengan hati, pejuang yang sangat pantang menyerah, tidak kenal lelah, dan rasanya ingin kembali berjuang dengan teman-teman PKS," ungkap Sandiaga di Bogor, 7 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya