JK Sebut Golkar Cuma Akan Dukung Prabowo atau Ganjar dalam Pilpres 2024

Ketum Golkar AIrlangga Hartarto dan Wapres ke 10 dan 12 RI Jusuf Kalla alias JK.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Mantan ketua umum Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) berharap Ketua Umum Airlangga Hartarto menjadi bakal calon wakil presiden cawapres pendamping Prabowo Subianto dalam pemilu tahun 2024.

Bermodal 20 Kursi di DPRD, PKB Kukuh Ajukan Gus Yusuf Calon Gubernur Jateng

JK mengatakan itu menanggapi usulan sejumlah Dewan Pimpinan Partai Golkar (DPD) I, tingkat provinsi, se-Indonesia agar Golkar mendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto.

"Saya kira itu harapannya (DPD Golkar se-Indonesia), harapannya [agar Airlangga Hartarto] untuk masuk dalam [bakal] cawapres. Saya sendiri tidak terlibat, tidak mengetahui banyak isi negosiasi," kata JK di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 31 Juli 2023.

Program Makan Siang Gratis Gagasan Prabowo Sebaiknya Tak Dibiayai Penuh APBN, Menurut Pengamat

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto

Photo :
  • Istimewa

Menurut JK, mayoritas pemilih Golkar memang akan menjatuhkan pilihan kepada dua bakal capres. "Golkar, ya, kalau yang punya suara untuk juga menentukan itu kan termasuk DPD. Karena, saya kira sempit, hanya antara Pak Ganjar dengan Pak Prabowo," ujarnya.

Lepas Jemaah Haji, Wamenag Titip Doakan Prabowo-Gibran di Tanah Suci

JK menyebut bila nantinya Airlangga bisa menjadi bakal cawapres akan berimplikasi baik terhadap perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024.

Para ketua Partai Golkar tingkat provinsi se-Indonesia tidak hanya membahas tentang penolakan wacana Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) partai itu pada pertemuan di Bali, kemarin, tapi juga mendiskusikan agar Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto untuk berkoalisi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden. 

“Pertemuan dengan 38 ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah; tingkat provinsi) I seluruh Indonesia di Bali kemarin dengan Ketua Umum, selain membicarakan terkait penolakan Munaslub, juga di dalam diskusi santai dan informal sebagian besar suasana kebatinan beberapa DPD I mendorong agar Golkar bisa berkoalisi dengan Gerindra,” kata Ketua DPD I Partai Golkar Kalimantan Barat Maman Abdurahman melalui pesan singkatnya, Senin, 31 Juli 2023.

Ilustrasi Musyawarah Nasional Partai Golkar.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana.

Maman menjelaskan alasan kebanyakan ketua DPD I Golkar mendukung Prabowo karena Prabowo pernah menjadi kader Golkar dan partainya pernah mengusung Prabowo pada pemilu 2014. Selain itu, elektabilitas Prabowo cukup bagus.

“Pak Prabowo kan pernah di Golkar dan di pilpres tahun 2014 Golkar pernah berkoalisi mendukung Pak Prabowo. Ditambah lagi secara elektabilitas Pak Prabowo, menurut kawan-kawan DPD I, Golkar cukup mentereng dan signifikan,” kata Maman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya