Lewat Gibran, Jokowi Dinilai Lempar Kode Keras Sokong Prabowo di 2024

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Sikap politik Presiden Jokowi untuk Pilpres 2024 ditafsirkan lebih condong ke Prabowo Subianto. Salah satu acuannya Jokowi melalui putranya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka lengket ke Prabowo.

Presiden Iran Meninggal Dunia Beberapa Hari sebelum Peringatan Kunjungannya ke Indonesia

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Citra Institute, Yusak Farchan menganalisa lengketnya Gibran dengan Prabowo terlihat dalam beberapa momen. Hubungan politik yang akrab dan cair itu saat Prabowo bertemu Gibran dan sempat satu mobil di Solo, belum lama ini.

“Bagaimanapun kan Gibran mewarisi gen politik ayahnya ya Pak Jokowi. Dan, Gibran adalah simbol Pak Jokowi,” kata Yusak Farchan, dikutip pada Senin, 31 Juli 2023.

Iran Akan Mengadakan Pemilu untuk Memilih Presiden Baru Pada Akhir Juni

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI Jokowi.

Photo :
  • Instagram @prabowo

Yusak menambahkan, intensitas pertemuan Prabowo dan Gibran cukup sering. Putra sulung Jokowi itu kerap menemani Prabowo saat Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu berkunjung ke Solo.

Prabowo Diusulkan Dilantik Lebih Cepat sebagai Presiden RI Terpilih, Apa Bisa?

Kemudian, ia menyoroti saat Gibran juga menemani Prabowo dalam agenda Hari Ulang Tahun Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke-63 di Solo, Jawa Tengah. Prabowo tak sungkan mengunggah momen itu bersama Gibran dalam postingan akun Instagramnya, @prabowo.

Selain itu, dua tokoh itu pernah menghabiskan waktu bersama dengan Prabowo saat acara makan malam bersama. Momen keakraban tersebut menyiratkan adanya sinyal dukungan dari Gibran kepada Prabowo jelang Pilpres 2024.

Bagi dia, dengan intensitas sering antara Gibran dengan Prabowo itu bisa melempar sinyal politik. Namun, saat ini, isu yang paling kencang berhembus terkait sinyal dukungan kepada Prabowo di Pilpres 2024.

Menurut dia, kode kedekatan dan intensitas interaksi antara Gibran dengan Prabowo itu bisa diartikan sebagai bentuk dukungan dari Presiden Jokowi. Ia juga membaca ada relawan Jokowi dan Gibran yang sudah tersirat menyatakan dukungannya kepada Prabowo di 2024.

“Intensitas interaksi antara Gibran dengan Pak Prabowo, saya kira itu bisa ditafsirkan sebagai bentuk dukungan Pak Jokowi kepada Pak Prabowo," tuturnya.  

Adapun belum lama ini Gibran di depan relawan juga menepis sudah menjadi tim juru kampanye atau jurkam bacapres Ganjar Pranowo. Ia mengaku belum jadi jurkam karena kampanye belum dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya