Nasib Pencapresan Ganjar Pranowo oleh PSI Pasca Ketemu Prabowo Subianto

Pertemuan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, Rabu kemarin menerima kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo datang bersama Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad.

Jokowi Tunjuk Juri Ardiantoro dan Grace Natalie jadi Stafsus Presiden

Menariknya, di satu sisi Prabowo Subianto adalah Capres 2024. Yang kemungkinan besar akan bertarung dengan Ganjar Pranowo, capres yang dideklarasikan PDIP Juni lalu. 

Di sisi lain, Ganjar Pranowo adalah Capres 2024 yang sedari awal dideklarasikan oleh PSI. Bahkan PSI memasangkan dengan Yenny Wahid sebagai cawapres dari Ganjar.

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

Ilustrasi PSI pasang baliho Ganjar Pranowo.

Photo :
  • Dok. PSI.

Sejak Februari 2023, PSI telah mengusung Ganjar sebagai Capres 2024. Putusan PSI tersebut, didasari dari hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah mereka laksanakan sejak Februari 2022, setahun lamanya. Keputusan mengusung Ganjar itu bahkan dilakukan sebelum Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mendeklarasikan Ganjar sebagai capres pada 21 Juni 2023.

Minta Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Luhut Yakin Prabowo Setuju Dengannya

Bahkan setelah resmi diusung sebagai capres, tercatat PSI belum masuk dalam bagian partai-partai pendukung Ganjar. Padahal beberapa lainnya sudah ikut, seperti PPP, Partai Perindo, dan Hanura. Sementara Prabowo Subianto bersama PKB membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR. Sudah didukung oleh Partai Bulan Bintang atau PBB, dan santer kabar menyusul Partai Gelora.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, dalam postingannya di akun Instagram pribadinya, juga menyinggung soal capres yang mereka dukung. Tidak gamblang lagi menyebut nama Ganjar Pranowo.

"Terus siapa capres yg akan didukung Pak Jokowi dan PSI? Sabar ya..mengutip pak Jokowi : Ojo Kesusu," kata Grace dalam unggahannya, dikutip VIVA, Kamis 3 Agustus 2023.

Grace menyebut, PSI mendukung capres yang akan melanjutkan program-program yang telah dibangun oleh Presiden Jokowi selama ini. Jika tidak melanjutkan, menurut PSI, kita akan rugi waktu dan energi serta biaya.

Dalam berbagai kesempatan, Ganjar Pranowo bahkan menegaskan untuk melanjutkan berbagai program Jokowi. Tapi tidak hanya Ganjar. Termasuk Prabowo Subianto, yang terang-terangan mengatakan itu.

"PSI akan dukung capres yang punya komitmen mendukjng program pak Jokowi. 9 tahun ini pak Jokowi mencurahkan banyak energi, waktu dan biaya untuk membanguun tiang tiang pancang pembangunan. Skrg Indonesia dipuji dan dihormati negara2 lain," papar Grace, yang juga sempat menjadi Ketua Umum PSI itu.

PSI merasa senang dikunjungi oleh Prabowo Subianto dan Partai Gerindra. Sebab, mereka menyebut diri mereka sebagai anak bawang atau partai yang kecil. PSI belum masuk parlemen, sementara Gerindra punya suara tertinggi di parlemen.

"Saya apresiasi sekali Pak Prabowo yang hari ini memperlakukan bocil bocil ingusan ini sebagai teman yang sejajar, bukan sebagai anak bawang," tulis Grace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya