PKS Tegaskan Belum Ada Pembahasan soal Peluang Yenny Wahid jadi Cawapres Anies

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu menegaskan pihaknya belum membahas mengenai peluang Yenny Wahid untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

"Kalau pembahasan saya kira belum ya," ujar Ahmad Syaikhu usai menghadiri acara peluncuran buku Tetralogi Transformasi AHY di Jakarta Pusat, dikutip Jumat, 11 Agustus 2023.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama Anies Baswedan serta elite pengurus DPP PKS.

Photo :
  • Dok. PKS
Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Ahmad Syaikhu kembali menegaskan bahwa partainya beserta Nasdem dan Demokrat telah sepakat melalui piagam koalisi akan menyerahkan ke Anies Baswedan terkait calon wakil presiden (cawapres).

"Semuanya ini kan sesuai dengan piagam yang disepakati bersama, piagam koalisi, bahwa terkait dengan cawapres ini semuanya kita serahkan kepada Mas Anies Baswedan," ujarnya.

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

Terlebih, Ahmad Syaikhu mengatakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu merupakan pribadi yang matang dalam menentukan pilihannya.

"Kapan kita mengumumkan, siapa orangnya, saya kira kita percayakan lah sepenuhnya dengan Mas Anies," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yenny Wahid menegaskan dirinya tak pernah menawarkan menjadi cawapres pendamping Anies. Ia menyebut dirinya hanya merespons pertanyaan awak media mengenai kesiapannya bila dipilih menjadi cawapres.

"Saya kan enggak pernah menawarkan diri (menjadi cawapres Anies), saya cuma merespons," kata Yenny.

Sebelumnya, Putri Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid mengaku punya kedekatan dengan tiga figur bakal capres 2024. Nama Yenny mencuat masuk bursa bakal cawapres untuk 2024.

Dia bilang mengenal dekat dan punya sama-sama kedekatan dengan tiga tokoh bacapres Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Namun, dari ketiganya, Yenny mengaku punya kedekatan khusus dengan Anies.

Yenny Wahid di Pesta Pernikahan Putri Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/ Syaefullah

Menurut dia, kedekatan khusus itu karena saat Anies menjabat Rektor Universitas Paramadina. Sementara, Yenny ketika itu ditawari jadi salah satu dosen di universitas tersebut.

"Semua sama. Semua sama. Saya itu dengan Pak Anies punya kedekatan khusus karena Pak Anies jadi rektor saya, jadi salah satu dosen. Saya pulang dari ambil master saya di Amerika, Pak Anies tawari saya di Universitas Paramadina. Beliau waktu itu jadi rektor," kata Yenny di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya