Kala Dampingi Ganjar, Gibran Nekat Temui Relawan yang Ingin Dia Jadi Cawapres Prabowo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama sejumlah relawan pendukungnya yang menemuinya di Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam, 12 Agustus 2023, saat dia mendampingi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Solo – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendampingi Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam puncak perayaan Hari UMKM Nasional di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu malam, 12 Agustus 2023. Di sela-sela acara tersebut, putra sulung Presiden Jokowi itu nekat menemui relawan pendukungnya dari Jakarta yang mendukungnya untuk maju sebagai calon wakil presiden.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Awalnya Gibran yang didampingi istrinya Selvi Ananda mendampingi Teten Masduki dan Ganjar Pranowo berkeliling mengunjungi stan pameran yang digelar untuk memperingati Hari UMKM Nasional 2023. Namun, di tengah perjalanan, Gibran dan Selvi keluar dari rombongan dan berjalan menuju stan kuliner di sisi barat area pameran.

Di lokasi tersebut telah menunggu puluhan orang relawan yang tergabung dalam komunitas 'Kawan Militan Gibran'. Para relawan itu juga mengenakan kaus bergambar siluet wajah Gibran lengkap dengan tulisan 'Kami Kawan Militan Gibran Bolone Mase Bergerak'. Mereka merupakan anak muda dari Jakarta yang sengaja datang ke Solo dengan bus.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Setelah bertemu, Gibran dan Selvi menyalami satu per satu relawan yang hadir dalam pertemuan itu. Mereka juga terlihat mengobrol dan berfoto bersama. Pertemuan antara Gibran dan para relawannya yang mendukung sebagai cawapres mendampingi Prabowo itu berlangsung singkat. Sebab Wali Kota Solo pamit untuk kembali mendampingi Teten dan Ganjar meninjau stan.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Koordinator Relawa Kawan Militan Gibran, Eko Yanto, mengatakan kedatangannya dari Jakarta ke Solo untuk melihat perkembangan kota kelahiran Presiden Jokowi itu setelah dipimpin Gibran. Menurutnya, sejak dipimpin Gibran, kini Solo berkembang pesat. Bahkan dalam kunjungannya ke Solo itu juga sempat menilik beberapa dari 17 pembangunan prioritas yang dicanangkan Gibran.

"Kita mengajak anak-anak muda ini untuk melihat Kota Solo langsung. Apakah semenjak beliau memimpin itu ada beda atau sama, ternyata beda. Kita tadi datengin Lokananta, Masjid Sheikh Zayed, dan Solo Technopark. Memang luar biasa sekali (yang menjadi prioritas pembangunan Gibran)," katanya.

Relawan Kawan Militan Gibran, katanya, dibentuk sekira dua bulan lalu. Mereka tertarik untuk mendukung Gibran berkiprah di tingkat nasional. Dari hasil diskusi itu, mereka mendukung Gibran untuk mendukungnya sebagai cawapres.

Bacapres Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • istimewa

"Dari kita ngobrol ternyata banyak yang sefrekuensi-lah. Pilhan kami Mas Gibran-lah untuk menjadi wakil presiden. Capresnya Prabowo," ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka mengatakan kedatangan para relawan tersebut untuk mengunjungi Kota Solo, selain untuk meramaikan Hari UMKM Nasional yang diselenggarakan di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo. Namun ketika disinggung asal para relawan itu, ia meminta untuk menanyakannnya langsung kepada para relawan.

Saat menemui para relawan itu, Gibran tidak menyebutkan secara detail isi pembicaraannya. Ia mengakui hanya menyapa dan menyalami. Relawan Kawan Militan Gibran merupakan organ relawan baru yang dibentuk setelah muncul relawan Bolone Mase.

Sedangkan ketika disinggung mengenai dukungan dari para relawan, ia mengungkapkan bahwa sejak kemunculan para relawan memang telah menentukan sikap dukungannya pada Pilpres 2024. "Udah [menentukan dukungan]. Kami dari awal sudah berprinsip, sudah tahu tujuannya, ya. Nanti aja nggih. Ayo kita kembali ke Pak Menteri (mendampingi meninjau pameran)," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya