PDIP Targetkan 75% Pemenangan Ganjar di Kalimantan Timur

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

Balikpapan - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III yang dilaksanakan di Hotel Tjokro Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu, 20 Agustus 2023. Dalam kegiatan itu pula hadir lebih dari seribu pengurus dan kader yang datang dari seluruh wilayah seprovinsi itu.

Pengakuan Mengejutkan Johan Budi soal Revisi UU MK Dibahas Diam-diam di Komisi III DPR

Dalam Rakerda tersebut, PDIP menargetkan sebanyak 75% pemenangan Ganjar Pranowo di Kalimantan Timur. Hasto menyebut masyarakat Kaltim memberi respons positif terhadap pemenangan Ganjar.

"Oleh Ketua DPD Kaltim, berdasarkan hasil dari rakerda ini, target pemenangan pak Ganjar Pranowo itu tadi 75 persen. Artinya ada optimisme yang sangat tinggi untuk bisa mampu memenangkan pak Ganjar Pranowo, karena kemarin ketika dilakukan door to door ternyata masyarakat merespon secara positif," ujar Hasto di Balikpapan, Kaltim, Minggu, 20 Agustus 2023.

Gerindra Belum Dapat Informasi Soal Megawati-Prabowo Bakal Bertemu pada 17 Agustus

Selain itu, PDIP juga membahas soal elektabilitas Ganjar Pranowo yang rebound. Hasto mengatakan elektabilitas Ganjar yang naik itu membuat kader PDIP di Kaltim menjadi semangat.

"Melalui Rakerda DPD PDI Perjuangan di Kalimantan Timur, kami menyatukan gerak langkah dalam pemenangan pemilu legislatif dan pemilu presiden dimana berdasarkan survei elektoral pak Ganjar Pranowo itu semakin naik, terjadi rebound, dan ini membangun optimisme kita di tengah-tengah berbagai keroyokan yang dilakukan oleh pihak lain terhadap pak Ganjar Pranowo," katanya.

KIP Pastikan Tak Ada Calon Independen di Pilgub Aceh 2024

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • Istimewa

Menurutnya, salah satu pembahasan yand difokuskan di Rakerda adalah bagaimana kepemimpinan Ganjar Pranowo yang penuh stamina, visioner dan memiliki rekam jejak yang sebagai gubernur yang berhasil, serta pengalaman panjang sebagai anggota DPR dua periode.

"Rekam jejak Pak Ganjar, karakter kepemimpinan dan situasi dikeroyok justru menimbulkan simpati rakyat untuk bergerak, menumbuhkan dukungan yang semakin kuat kepada pak Ganjar Pranowo," katanya.

Selain itu, lanjut Hasto, Rakerda juga membahas bagaimana persiapan seluruh jajaran PDI Perjuangan Kaltim mempersiapkan diri, mengingat dari kebijakan Presiden Jokowi, IKN akan difungsikan mulai tahun depan. Dengan IKN di tempat baru, sekaligus akan terjadi perubahan paradigma.

"Sehingga seluruh kader kader PDI Perjuangan menyiapkan diri, menyatukan satu gerak langkah membangun spirit agar PDI Perjuangan nantinya bisa menjadi tuan rumah yang baik di ibu Kota Negara yang baru, yang membangun paradigma untuk gerak cepat kemajuan Indonesia Raya kita," katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Kalimantan Timur, Irjen (Pol) Purn. Safaruddin mengatakan, pada pemilu 14 Februari 2024, komitmen seluruh kader PDIP Kaltim adalah mencapai target kemenangan.

Ia juga menargetkan kursi DPR di Kaltim adalah dari 2 kursi menjadi 3 kursi, dan DPRD tingkat I jadi 14 kursi. 

“Tidak ada kata lain, harus menang legislatif dan presiden. Target semuanya naik, mudah-mudahan bisa tercapai. Saya minta kepada seluruh caleg, dengan turun ke bawah dan soliditas Partai kita akan membuat sejarah baru di Kaltim," imbuhnya.

Sementara untuk target pilpres itu 75 persen. Saat pemilu 2019, kata Safaruddin, raihannya adalah kemenangan 56 persen. 

"Kami yakin kita bisa memenangkan Pak Ganjar. Kita berjuang, tak ada waktu lagi untuk tidak turun ke bawah, ke Akar Rumput seperti perintah Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya