Cak Imin Temui Ganjar, PKB: Komunikasi dengan Siapa pun Boleh, yang Tak Boleh Berkhianat

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid angkat bicara mengenai adanya pertemuan antara Ketua Umun PKB Muhaimin Iskandar dengan Bakal Capres dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Menurut Gus Jazil, meski PKB sudah komitmen berkoalisi dengan Partai Gerindra, tak ada larangan bagi Muhaimin bertemu Bacapres dari partai lain.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

"PKB tak ada masalah komunikasi dengan siapa pun. Jadi silaturahim, komunimasi PKB dengan partai mana pun, meski sudah koalisi dengan Gerindra itu tetap bisa menjalin komunikasi dengan partai lain," kata Gus Jazil, dalam program Apa Kabar Indonesia Pagj di tvOne, Senin 21 Agustus 2023.

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Istimewa
Juni 2024, PKS Akan Putuskan Sikap Koalisi atau Oposisi Prabowo-Gibran

Gus Jazil juga menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat mengenai persepsi yang timbul usai Muhaimin bertemu dengan Ganjar. "Yang jelas, memang kembali kepada kontrak politik dengan Gerindra, memang PKB dan atau Pak Prabowo dan Gus Muhaimin lah yang akan memutuskan," kata Gus Jazil

Menurutnya, adanya perjanjian politik yang telah dibuat, bukan berarti melarang adanya komunikasi ataupun silaturahmi dengan Parpol lain

Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

"Jadi apapun kata publik, apapun pendapat orang, tentu kita harus kembali kepada gentleman's agreement, saya pikir di situlah pentingnya politik. Kita boleh silaturahmi dengan siapapun, tapi tidak boleh jadi pengkhianat, kan gitu," kata Gus Jazil.

Dia juga mengatakan, semua langkah yang akan diambil pasti bisa dibicarakan terlebih dahulu sehingga tak ada kebohongan satu sama lain. Dalam konteks Gerindra dan PKB, kedua Partai sama-sama telah menyatakan komitmen kerja sama dengan membangun sekretariat bersama.

"Boleh kita melakukan kerjasama dan janji dengan siapapun, tapi kita tidak boleh jadi pembohong. Kan semuanya bisa dibicarakan dengan terang benderang. Saya pikir Gerindra dan PKB sudah membangun sekber, melakukan komunikasi, dan tambah teman dari PAN dan Golkar, makin besar, saya pikir semuanya bisa dibicarakan. Jadi kita membangun koalisi tidak berbasis baper," tambah Gus Jazil

Diberitakan sebelumnya, Bakal calon presiden dari PDIP 2024, Ganjar Pranowo bertemu Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau yang akrab disapa Cak Imin di Jakarta, Jumat, 18 Agustus 2023. Keduanya asyik ngobrol berdua di kafe, di kawasan Jakarta Selatan.

Bacapres PDIP Ganjar Pranowo bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar

Photo :
  • Istimewa

Kompak mengenakan kemeja berwarna putih, Ganjar dan Cak Imin tampak minum teh bareng di teras kafe. Keduanya bahkan sempat bersulang sebelum menyeruputnya secara bersamaan.

"Saya itu punya hadiah buat Cak Imin. Cak Imin kan suka burung, saya kasih hadiah burung," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya