Ribuan Orang Sambut Habib Umar dari Yaman saat Ziarah ke Gus Dur

Habib Umar bin Hafidz di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jatim.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jombang - Ulama kharismatik asal Tarim, Yaman, Habib Umar bin Hafidz melakukan safari dakwah ke Indonesia. Salah satu daerah yang disambangi Habib Umar adalah Jawa Timur atau Jatim.

Pengacara Panji Gumilang Minta Pemerintah Tinjau Ulang Penilaian Buruk ke Al-Zaytun

Di Jatim, Habib Umar melakukan kegiatan di tiga tempat yaitu Tebu Ireng, Kabupaten Jombang, Kabupaten Gresik, dan Kota Surabaya.

Di Tebu Ireng, Jombang, Selasa, 22 Agustus 2023, Habib Umar berziarah ke makam pendiri NU sekaligus Pahlawan Nasional, yakni KH Hasyim Asy'ari, putranya, KH A Wahid Hasyim, dan cucunya yang juga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Pimpinan Ponpes di Lombok Diduga Setubuhi 5 Santriwati, Tuduh Jin Pelakunya

Di Tebu Ireng, Habib Umar juga berdoa bersama. Habib Umar tiba di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng sekira pukul 14.30 WIB.

Habib Umar bin Hafidz di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Kabupaten Jombang, Jatim.

Photo :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim)
Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Sebelum dia datang, ribuan orang sudah menyesaki kompleks dan sekitar Pondok Pesantren Tebu Ireng. Lantaran, banyaknya jemaah, panitia menyediakan videotron agar mereka yang berada di luar bisa menyaksikan Habib Umar dari layar besar.

Mereka yang ingin berjumpa dan berdoa bersama Habib Umar tak hanya datang dari Jatim. Sejumlah jemaah ternyata ada yang berasal dari luar Pulau Jawa. Di antaranya Yofa Pangestu (31), pecinta Habib Umar asal Banjarmasin, Kalimantan.

Dia mengaku baru tiba di Jatim pada Selasa pagi tadi. "Saya dari Banjarmasin tiba tadi pagi," katanya kepada VIVA.

Adapun, Habib Umar bin Segaf Assegaf, mengaku bersyukur atas kedatangan Habib Umar bin Hafidz dari Yaman. Menurutnya, Indonesia akan berkah dengan kehadiran cucu Rasulullah itu.

"Insya Allah Indonesia menjadi lancar jalannya, karena hadirnya Habib Umar mendapat berkahnya semua orang ini," ujarnya.

Selain di Tebu Ireng, Selasa malam tatdi Habib Umar hadir sebagai tamu kehormatan dalam acara istigasah dan doa bersama dalam rangka HUT RI ke-78 di GOR Joko Samudro, Kabupaten Gresik. Di sana, ribuan Muslim-Muslimat sudah memadati stadion sejak Selasa sore.

Kemudian, pada Rabu subuh ini, Habib Umar akan mengisi di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Di masjid kebanggaan warga Kota Pahlawan ini, panitia sudah menyiapkan segala hal untuk menyambut ribuan orang yang ingin mendengarkan tausiah langsung dari ulama kharismatik tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya