PDIP Bayangkan Ganjar-Anies Bersatu, NasDem: Sudah Tak Relevan Lagi

Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

JakartaWakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali mengatakan Ketua Umum Surya Paloh sudah pernah menyampaikan wacana Anies Baswedan bersatu dengan Ganjar Pranowo untuk maju pada Pemilu Presiden 2024.

DPW PKS Jakarta Siap Dukung Anies Maju Pilgub 2024

“Wacana itu dulu pernah disampaikan oleh Pak Surya ketika Partai NasDem dan koalisinya belum mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden,” kata Ali saat dihubungi wartawan pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Namun, kata dia, saat ini wacana Ganjar dan Anies agar bersatu menjadi kekuatan sudah tidak tepat lagi. Sebab, kata dia, Anies sudah diumumkan sebagai bakal calon presiden oleh tiga partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Rival Pilpres, PAN Tak Akan Usung Anies di Pilgub Jakarta 2024

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Photo :
  • ist

Anies diusung oleh Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “Dengan pencapresan mas Anies dan koalisinya, wacana itu menjadi tidak relevan lagi hari ini,” ujarnya.

Hasto Sebut Anies Belum Ada Komunikasi dengan PDIP Terkait Pilgub DKI

Maka dari itu, ia menegaskan tidak ada alasan bagi Anies yang diusung sebagai bakal calon presiden oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan tapi berubah menjadi bakal calon wakil presiden. Apalagi, kata dia, Anies sudah memenuhi syarat pencalonan ambang batas presiden (presidential threshold).

“Apa alasan Partai Nasdem untuk mengalihkan dukungannya dari presiden ke wakil presiden. Di sisi lain partai pengusung Anies itu sudah memenuhi syarat. Enggak mungkin NasDem mengubah sikap itu. Karena apa yang disampaikan Pak Said, Ganjar berpasangan dengan Anies,” jelas dia.

PDIP Bayangkan Ganjar dan Anies jadi Satu Kekuatan

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah mengaku bersyukur elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden 2024 dari PDI Perjuangan kembali naik berdasarkan hasil survei Litbang Kompas. Sebab, kata dia, usaha PDI Perjuangan bersama partai politik yang kerja sama disambut baik oleh masyarakat.

“Artinya, usaha kami menggalang dukungan yang terus dijalankan oleh Ganjar Pranowo dan segenap kader PDI Perjuangan dan relawan diterima baik oleh rakyat. Tugas kami semua termasuk PPP, Perindo dan Hanura solid bergerak semakin menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo,” kata Said di Jakarta pada Senin, 21 Agustus 2023.

Oleh karena itu, Said mengatakan PDI Perjuangan bersama seluruh elemen yang mendukung Ganjar akan terus bekerja keras mengambil hati masyarakat. “Mengajak kompetisi sehat dengan beradu rekam jejak, dan gagasan, bukan hanya gimmick,” jelas dia.

Namun demikian, Said mengatakan PDI Perjuangan tidak mau sombong meskipun unggul dari bakal calon presiden, Anies Baswedan. Sebab, kata dia, Ganjar jika harus head to head sama Prabowo Subianto itu masih kalah tipis sehingga perlu melakukan evaluasi terus.

“Walaupun unggul dengan Mas Anies, kami tidak merasa jumawa. Apalagi jika Ganjar harus head to head dengan Pak Prabowo masih kalah tipis. Tentu ini akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki strategi pemenangan buat Ganjar Pranowo,” ujarnya.

Menurut dia, Anies yang merupakan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu bukan kompetitor yang patut diremehkan. Karena, kata dia, Anies dan Ganjar adalah sosok pemimpin yang cerdas serta satu almamater dari Universitas Gajah Mada (UGM).

“Bagi kami, Anies Baswedan bukan kompetitor yang patut diremehkan. Beliau dengan Ganjar adalah sosok calon pemimpin yang cerdas. Keduanya sama sama dalam satu almamater, kampus terhebat di Indonesia, yakni Univ Gajah Mada,” ungkapnya.

Maka dari itu, ia membayangkan jika Anies akan bersatu dengan Ganjar pada Pemilu Presiden 2024 mendatang. “Apalagi jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan, tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita ke depan, sama sama masih muda, cerdas, dan enerjik,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya