Anies Baswedan Serukan Penyediaan Ruang untuk Berkarya bagi Penyadang Disabilitas

Bakal calon presiden Anies Baswedan berfoto bersama dengan para penyandang disabilitas di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Fauzi Lamboka

Jakarta – Mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan penyandang disabilitas atau mereka yang mengalami keterbatasan, perlu diberikan ruang untuk berkarya, khususnya di bidang seni dan kebudayaan.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

"Kita harus memberikan ruang kepada para penyandang disabilitas untuk berkarya," kata saat Talk Show di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2023.

Selain itu, kata dia, negara wajib memberikan dukungan insentif terkait pengembangan diri seperti alat kerja hingga sarana dan prasaran, untuk menampilkan hasil karya mereka.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Literasi untuk penyandang disabilitas (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Menurut Anies, penyandang disabilitas akan memiliki karya dengan menggunakan semesta yang dia hidupi, dan memunculkan karya dengan orang-orang yang bukan disabilitas.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

"Teman-teman disabilitas mengekspresikan tidak dengan pendengaran, tetapi dengan penglihatan, rasa, dan itu menghasilkan karya seni yang unik," jelasnya.

Anies mencontohkan salah seorang penyandang disabilitas bernama Muhammad Fauzi menjadi doktor pertama di Indonesia dari Pascasarjana Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta.

"Dia menghasilkan karya fotografi untuk orang tuli, yang berbeda dari karya fotografi pada umumnya," ungkapnya.

Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Suaranya Dalam Pemilu 2014

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Hal itu disampaikan Anies saat menjawab pertanyaan dari salah seorang penyandang disabilitas, yang ingin mendengarkan pandangan Anies terkait penyandang disabilitas khususnya tuna rungu (tuli) dan kebudayaan.

Diskusi dua arah itu mengusung tema, Anies Baswedan bicara kebudayaan: Tentang kini dan nanti. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya