Isu Sandiaga Ajak PKS-Demokrat Bikin Koalisi Baru, Ganjar: Tidak Ada Cerita Itu

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah politikus PDIP.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo buka suara terkait keinginan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapppilu) PPP Sandiaga Uno yang ingin merayu PKS dan Partai Demokrat membentuk poros koalisi baru. Ganjar mengatakan hingga saat ini PPP masih bersama PDIP Perjuangan (PDIP) mendukungnya sebagai bacapres.

Dongkrak Okupansi Penginapan, Sandiaga: 300 Ribu Orang Bakal Kunjungi Candi Borobudur saat Waisak

"Itu wacana yang dikembangkan, tentu sampai hari ini PPP masih bersama PDI Perjuangan," kata Ganjar di kantor DPP PDIP, Jakarta Senin, 28 Agustus 2023.

Pun, saat ditanya, apa Ganjar tidak takut PPP akan menarik dukungannya kepada Ganjar untuk maju sebagai capres, ia mengatakan tidak ada pembicaraan itu. "Sampai hari ini tidak ada cerita itu," ujarnya.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Menparekraf Sandiaga Uno dan Plt Ketum PPP Mardiono.

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

Sebelumnya, Sandiaga Uno merespons wacana yang dilempar PDIP jika Ganjar Pranowo dipasangkan dengan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024. Dia menyambut baik jika Ganjar dengan Anies bersatu di 2024.

BNI Teken Kerja Sama dengan TNI AD Tingkatkan Layanan Keuangan Terintegerasi

Menurut Sandiaga, bergabungnya Anies dalam koalisi PDIP-PPP sebagai Cawapres Ganjar jadi bukti percepatan pembangunan harus terus dilakukan. Sebab, pemulihan ekonomi, khususnya stabilitas harga pangan, penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja harus dihadirkan demi masyarakat.

"Saya belum mendapat brief sebagai Ketua Bappilu nasional. Tapi, saya membaca saat di pesawat tadi dan saya akan berkoordinasi dengan PPP, karena ini tentunya berkaitan dengan strategi dari penyiapan dan sosialisasi para kader dan calon legislatif," kata Sandiaga, beberapa hari lalu.

Kemudian, Sandiaga juga sempat bicara akan berkoordinasi dengan Plt Ketum PPP Mardiono soal kemungkinan membentuk poros koalisi baru bersama Demokrat dan PKS. Status Demokrat dan PKS merupakan bagian dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mendukung Anies sebagai bacapres.

"Saya akan mengusulkan ke Pak Mardiono (Plt Ketua Umum PPP) jika akhirnya yang dipilih itu Ganjar-Anies. Kita mengajak Mas AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono) dan Demokrat dan juga PKS untuk berjuang bersama," kata Sandi di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 23 Agustus 2023.

Namun, Sandiaga sempat beri klarifikasi soal omongannya mengajak Demokrat dan PKS. Dia menuturkan yang benar dirinya mengajak dua partai itu ikut gabung mendukung Ganjar sebagai bacapres dalam koalisi.

"Dalam rangka berjuang bersama. Jadi berjuang bersama ini tentu kita ada dalam koridor kerja sama politik yang sudah kita tandatangani," ujar Sandiaga di Jakarta Selatan, Minggu, 27 Agustus 2023.

Dia berdalih dengan mengajak parpol lain gabung dengan koalisi Ganjar sebagai ikhtiar sesuai hasil Rapimnas PPP. Posisi PPP saat ini bersama PDIP berada dalam poros yang sama mendukung Ganjar.

"Sekarang kan kerja sama kita sama PDI Perjuangan. Kalau diperluas kita harus mengajak lebih banyak partai untuk berjuang. Itulah keistiqomahan dan loyalitas kader-kader di bawah," sebut Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya