Jokowi: Urusan 2024, Ojo Kesusu, Kita Kerja Dulu Saja

Presiden RI Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin (kiri) di sela-sela kunjungan ke Mal Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Gilang Galiartha

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar urusan politik Pemilu 2024 tidak tergesa-gesa. Menurut dia, saat ini atraksi politik belum benar-benar selesai. Jokowi bilang lebih baik kerja untuk perbaikan ekonomi negara.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

"Oleh sebab itu saya pesan, urusan 2024 tidak usah tergesa-gesa. Ojo-ojo kesusu, kita kerja dulu saja untuk ekonomi negara kita,” kata Jokowi dalam sambutannya pada Rapimnas JATAM 2023, yang disiarkan secara daring, Selasa, 29 Agustus 2023.

Tidak Ada Foto Jokowi di Ruang Rapat, PDIP: Jatuh Lupa Dipasang Lagi

Dia menyinggung atraksi politik menuju 2024 juga belum selesai karena penjajakan komunikasi parpol masih terjadi.

Wira-wiri sana-sini saya melihat masih. Saya enggak tahu partai ini ke sana, partai ini ke sini, partai ini ke sana, partai ini ke sini. Jadi, masih ngalor ngidul," ujar Jokowi.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Jokowi mengaku saat ini masih mengamati dari kejauhan mengenai pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. Dia menyinggung parpol peserta pemilu masih saling mencari koalisi sampai saat ini.

"Jadi, kita dari jauh mengamati saja mengamati dulu setuju ndak?. Karena kelihatannya partai masih mencari format koalisi, partai masih mencari format koalisi,” lanjut Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Rapimnas Jaringan Kemandirian Nasional

Photo :
  • Youtube Jaman

Pun, dia menyebut pasangan capres dan cawapres yang diusung koalisi juga belum jelas.

“Bener ndak? Belum jelas, kok malah dijawab. Jadi, kita giat bekerja saja, giat bekerja kerja saja sehingga produktif. Itu udah, ke situ aja. Setuju ndak?” kata Jokowi.

Jokowi berharap urusan politik di 2024 jangan sampai mengganggu stabilitas ekonomi Indonesia. Dia sangat mewanti-wanti masalah ini.

"Karena kalau terganggu dalam posisi dunia sulit itu kadang-kadang mengembalikannya akan sangat sulit, kadang-kadang. Bisa saja betul-betul sulit, tapi kadang-kadang bisa menyulitkan kita," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya