Ganjar Bakal Isi Kuliah Kebangsaan di UI 11 September, Prabowo Nyusul

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Ganjar Pranowo di DPD PDIP DIY
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

Jakarta - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo dijadwalkan akan mengisi kuliah kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI). Jadwal Ganjar pada 11 September 2023.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

"Tanggal 11 September Pak Ganjar (konfirmasi hadir)," kata Dekan FISIP UI, Semiarto Aji Purwanto di Balai Serbaguna Purnomo Prawiro UI, Depok, Jawa Barat, Selasa, 29 Agustus 2023.

Tak hanya Ganjar, bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju yaitu Prabowo Subianto juga akan hadir dan memberikan kuliah kebangsaan. Adapun bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan sudah hadir lebih dulu pada Selasa hari ini, 29 Agustus 2023.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

3 bakal capres yang berpotensi maju di Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA

Namun, Ketua Umum Partai Gerindra itu belum mengonfirmasi kehadirannya. "Pak Prabowo sedang dikonfirmasi, mudah-mudahan di akhir bulan," kata Semiarto.

Ganjar Tegaskan Jadi Oposisi Mewakili Pribadi: Kalau Partai Akan Memutuskan Saat Rakernas

Semiarto menyampaikan tiga tokoh yang diundang itu bukan dalam kapasitas bakal calon presiden (capres). Namun, sebagai tokoh bangsa yang akan memberikan gagasannya kepada mahasiswa.

"Kami tidak mengundang beliau dalam kapasitas capres tapi tokoh bangsa untuk memberikan kuliah. Meningkatkan rasa kebangsaan dan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia kepada mahasiswa," ujarnya.

Bacapres Anies Baswedan sebelumnya tampil di kampus UI, Depok pada Selasa, 29 Agustus 2023. Ada beberapa isu yang disinggung eks Gubernur DKI Jakarta. Anies pun dicecar pertanyaan dari perwakilan mahasiswa UI yang hadir.

Anies saat jadi pembicara di UI menyinggung kualitas demokrasi di Indonesia. Menurut dia, kualitas demokrasi di Tanah Air masih harus ditingkatkan.

Eks Gubernur DKI itu juga menyoroti kebebasan berekspresi dan revisi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Kami melihat kualitas demokrasi ini harus ditingkatkan. Kita tadi salah satu menyebut soal kebebasan berekspresi. Demokrasi itu bukan hanya ada Pemilu atau tidak," kata Anies di kampus UI, Depok, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya