Elektabilitas Prabowo Cenderung Melemah dalam 4 Survei Terbaru

Prabowo Subianto di acara Relawan Prabu bersama Budiman Sudjatmiko di Semarang
Sumber :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya

Jakarta – Sejumlah lembaga survei merilis hasil survei terbarunya mengenai elektabilitas bakal capres yang akan maju di 2024. Hasil survei terbaru masih menunjukkan persaingan ketat antara Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. 

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran

Walaupun begitu, terdapat temuan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto cenderung melemah dibandingkan dengan pesaing terdekatnya Ganjar Pranowo.

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Festival Belajaraya 2023 Jakarta

Photo :
  • VIVA/ Yeni Lestari
Kiai Marzuki Mustamar Muncul di Bursa Pilgub Jatim, Khofifah Masih Posisi Teratas

Dalam survei litbang Kompas yang diselenggarakan pada 27 Juli hingga 7 Agustus, elektabilitas Prabowo disebut nyaris tidak ada pergerakan yang signifikan selama tiga bulan terakhir. Elektabilitasnya hanya tercatat naik 0,1 persen dari Mei 2023.

Dalam survei Indikator Politik yang diadakan pada tanggal 15-21 Juli 2023, dalam simulasi 3 nama, Prabowo melorot dari 36,8% di bulan Juni, menjadi 33.2% di bulan Juli. Begitupula dalam simulasi 2 nama, elektabilitas Prabowo menurun dari 49.5% di bulan Juni menjadi 47.0% di bulan Juli

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Sementara dalam survei SMRC yang diselenggarakan pada bulan Juli-Agustus 2023, dalam simulasi elektabilitas 3 nama, elektabilitas Prabowo melorot dari 37.8% di bulan Juli menjadi 33.6% di bulan Agustus. Kemudian dalam simulasi 2 nama dengan Ganjar Pranowo, elektabilitas Prabowo menurun dari 46.7% di bulan Juli menjadi 44.5% di bulan Agustus

Terakhir, dalam survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) Prabowo Subianto justru mengalami stagnansi bahkan cenderung menurun. Setelah bulan Juli 2023 lalu mendapatkan 35,8 persen suara, kini di survei terbaru LSI Prabowo justru merosot 0,5 persen ke 35,5 persen.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Bahkan hasil survei Ganjar Pranowo di simulasi tertutup 3 nama jika dibandingkan tahun lalu, kenaikannya cukup signifikan. Ganjar Pranowo mengalami kenaikan 5,3 persen suara, jika dibandingkan dengan Agustus tahun lalu 2022.

“Ganjar unggul di 37 persen pada Agustus 2023, Prabowo di angka 35,3. Anies 22,2 persen, menurun dengan signifikan. Pertarungan terjadi di Ganjar dengan Prabowo,” ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan melalui rilis pers daring, Rabu 30 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya