Posko Nasional Diresmikan, Relawan Bulat Mau Menangkan Anies di Pemilu 2024

Bacapres Anies Baswedan temui relawan
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

JakartaPos Komando (Posko) Nasional Relawan Anies Baswedan diresmikan di Kompleks Ruko Pejaten Office Park, Jalan Buncit Raya No.79, Jakarta Selatan pada Jumat, 1 September 2023. Tentu, posko nasional ini wujud kecintaan dan semangat juang untuk memenangkan Anies pada Pemilu Presiden 2024.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Dalam peresmian hadir Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulawesi Selatan, Tamsil Linrung; Juru Bicara Anies sekaligus inisiator Forum Komunikasi (Forkom) Relawan, Anies Tatak Ujiyati; sejumlah tokoh dari partai koalisi dan para relawan pendukung Anies Baswedan. 

Anies Baswedan saat Acara Apel Siaga Perubahan Partai NasDem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Peresmian posko nasional ini dilakukan di sejumlah provinsi yaitu Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Papua, dan Bali. 

Pembina Posko Nasional Relawan Anies, Tamsil Linrung mengatakan peresmian posko nasional ini murni inisiatif para relawan Anies yang diusung sebagai bakal calon presiden 2024. Maka dari itu, ia mengapresiasi hadirnya posko nasional ini.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

“Para relawan Anies ini luar biasa militan. Mereka tumbuh secara organik dengan inisiatif sendiri, dan sumber daya mandiri bergerak mendukung Anies Baswedan. Tidak ada yang menyuruh, bahkan Pak Anies juga tidak meminta," kata Tamsil.

Menurut dia, posko nasional ini sebagai bentuk kecintaan para relawan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu. Sehingga, kata dia, mereka bergerak mandiri sejak lama. 

"Posko Nasional Relawan Anies ini adalah wujud kecintaan kepada Anies Baswedan dan semangat juang untuk mendukungnya dalam kontestasi Pilpres 2024,” ujar Senator asal Sulawesi Selatan ini.

Sementara Juru Bicara Anies yang juga inisiator Forum Komunikasi (Forkom) Relawan Anies, Tatak Ujiyati menjelaskan ada dua program penting yang sedang dijalankan oleh Forkom Relawan Anies akan dikendalikan dari Posko Nasional, yaitu Pos Komando Rakyat (Poskora) dan Badan Koordinasi Saksi (Bakorsi).

Menurut dia, Poskora merupakan gerakan untuk mendorong setiap orang membuka rumah-rumah untuk menjadi Posko Rakyat/Posko Relawan Anies agar masyarakat bisa bertamu dan bertanya tentang Anies, rekam jejaknya, serta program-progam yang ditawarkannya sebagai calon presiden. 

“Saat ini, terdapat 10.324 Poskora yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah dibuat oleh ratusan simpul relawan Anies secara mandiri,” katanya.

Sedangkan, kata dia, Bakorsi adalah upaya Forkom Relawan Anies untuk menaikkan elektabilitas Anies sekaligus mengawal suara di tempat pemungutan suara (TPS). Tim 100 Bakorsi dibuat secara berjenjang mulai dari tingkat nasional hingga desa. 

“Saat peresmian Posko Nasional Relawan Anies, Tim 100 Bakorsi DKI Jakarta sekaligus dikukuhkan. Jakarta menjadi provinsi ke-11 dari Tim 100 BAKORSI yang telah dikukuhkan,” ungkap Tatak.

Tentu, kata dia, Posko Nasional Relawan Anies ini terbuka bagi setiap orang, baik relawan Anies maupun masyarakat umum. Sebab, lanjut Tatak, posko ini untuk membulatkan tekad relawan berupaya maksimal memenangkan Anies dalam kontestasi Pilpres 2024.

“Melihat rekam jejak keberhasilannya di Jakarta dan sifat pribadinya yang adil dan merakyat, kami relawan Anies bertekad bulat memenangkan Anies Baswedan sebagai presiden RI melalui Pilpres 2024, dan membantu memenangkan partai-partai pengusungnya," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya