BEM Nusantara DIY: Pemimpin Ideal 2024 Sosok yang Nasionalis

Koordinator Daerah BEM Nusantara DIY, Muhammad Nur Fadillah
Sumber :
  • Istimewa

Yogyakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Diskusi Panel & Temu Daerah yang mengangkat tema 'Prospek Kontribusi Mahasiswa Dalam Menentukan Pemimpin Ideal Guna Suksesi Pesta Demokrasi 2024', di Politeknik API Yogyakarta pada Kamis, 31 Agustus 2023.

Lebih 2 Ribu Mahasiswa yang Bela Palestina di Seluruh AS Ditangkap Polisi

Diskusi panel yang digelar ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa berkontribusi dalam penentuan pemimpin yang ideal bagi NKRI pada pesta demokrasi 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan menghadirkan narasumber Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, dan Kabid Politik Dalam Negeri BAKESBANGPOL DIY, Bagas Senoadji.

Polisi Amankan Sejumlah Orang Buntut Mahasiswa Unpam Digeruduk Warga saat Ibadah

Kemudian ada Demisioner Pengurus Pusat BEM Nusantara 2021 atau CO-Founder Kolaborasi Milenial Indonesia Akhmad Faizin.

Koordinator Daerah BEM Nusantara DIY, Muhammad Nur Fadillah mengatakan, mahasiswa berperan penting dalam menentukan arah bangsa di masa depan dengan memilih pemimpin yang memiliki jiwa nasionalisme, serta menunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan.

PDIP Buka Pendaftaran Cagub Jakarta 8-20 Mei 2024

"Mahasiswa mempunyai peran penting sebagai garda intelektual untuk menentukan kriteria calon pemimpin ideal yang sesuai dengan kebutuhan negara dan bangsa saat ini, tentunya kriteria yang cocok untuk pemimpin 2024 adalah sosok nasionalis karena banyaknya berbagai macam suku, agama, ras dan budaya," tuturnya. 

Diskusi ini diharapkan mampu menjadi ruang-ruang dialog bagi mahasiswa dalam merekomendasikan strategis terkait kriteria pemimpin ideal dengan melihat permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia, mulai dari sudut pandang politik, ekonomi dan sosial. 

Sementara itu, dalam sambutan yang disampaikan Koordinator Pusat BEM Nusantara, Achmad Supardi mendorong mahasiswa untuk memilih pemimpin yang bersedia turun dam melayani masyarakat. 

Selain itu, momen pesta demokrasi harus dimanfaatkan mahasiswa untuk menjadikan Indonesia menjadi negara maju di masa depan.

"BEM Nusantara sebagai aliansi nasional akan terus melakukan political branding agar mahasiswa juga terlibat aktif dan menjadi penentu dalam pergantian presiden 2024, dan tentunya kami mengharapkan pemimpin yang mau melayani masyarakat dan mempunyai historis yang jelas," tuturnya dalam sambutan. 

Ardi mengatakan, peran mahasiswa sangat penting dalam pesta demokrasi 2024 agar terjadi pesta demokrasi yang baik dan tidak terjadi politik yang memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya