PDIP Mau Rangkul Demokrat Gabung ke Koalisi, Puan: Komunikasi Masih Terjalin

Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani
Sumber :
  • Antara Foto

Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan berkoalisi dengan Partai Demokrat. Status Demokrat kini 'jomblo' pasca keluar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan pendukung Anies Baswedan.

Paman Bobby Nasution Ambil Formulir Bakal Cawalkot Medan ke PDIP? Benny Beri Penjelasan

Puan yang juga Ketua Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 PDIP itu mengatakan komunikasi antara PDIP dan Partai Demokrat masih dan terus terjalin.

"Komunikasi (dengan Demokrat) masih terjalin dan terus terjalin. Tentu saja setelah ini kami akan melakukan silaturahmi untuk menjajaki kemungkinan-kemungkinan yang ada, termasuk ke semua partai," kata Puan di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah dikutip dari Antara, Minggu, 3 September 2023.

World Water Forum Fair and Expo di Bali Tampilkan Inovasi Pengelolaan Air dan UMKM

Puan meyakini koalisi pendukung Ganjar Pranowo akan tetap solid. Ia optimis Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih memegang teguh komitmen untuk terus bekerja sama dengan PDIP "Kami meyakini PPP masih teguh bisa bersama-sama dengan PDI Perjuangan," tuturnya. 

Gunakan Kain Endek Bali Ketika Bertemu Presiden Jokowi, Sikap Politik Puan Maharani Dipuji

Namun, ia tak menafikan dinamika politik tak bisa dipastikan selama belum pendaftaran resmi capres dan cawapres.

"Kami juga menyadari dinamika politik bisa saja kemudian terjadi suatu dinamika perubahan. Namun, sampai hari ini kami meyakini PPP akan tetap bersama PDI Perjuangan," ujarnya.

Puan menyampaikan PDIP akan peritimbangkan kembali bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo. Dia mengatakan demikian karena Cak Imin sebelumnya masuk dalam bursa cawapres Ganjar.

"Dengan situasi dan kondisi seperti ini, tentu saja kami akan mempertimbangkan lagi hal-hal atau kemungkinan-kemungkinan yang nantinya akan menjadi suatu keputusan," katanya

Kancah politik dikejutkan dengan poros baru Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang disokong Nasdem dan PKB. Bahkan, duet Anies-Cak Imin sudah dideklarasikannya sebagai bakal capres dan bakal cawapres di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu kemarin.

Pun, Partai Demokrat yang kecewa terhadap Anies dan Ketum Nasdem pun resmi cabut dukungan dan keluar dari koalisi. Keputusan Demokrat itu diambil setelah Majelis Tinggi Partai Demokrat menggelar rapat di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Jumat malam, 1 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya