Yenny Wahid Bantah Cak Imin: Jelas Sekali Gus Dur Dikudeta, Kok Klaim Sebaliknya?

Putri Gus Dur sekaligus Ketua The Wahid Foundation, Yenny Wahid
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta – Heboh pernyataan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang membantah telah mengkudeta Gus Dur. Yenny Wahid putri keempat Gus Dur angkat bicara soal pernyataan Cak Imin itu

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Yenny menegaskan bahwa sang Ayah yang justru dikudeta oleh Cak Imin dalam Muktamar PKB di Ancol, Jakarta Utara, pada 2008 lalu.

"Muktamar Ancol kurang apa terang benderangnya? Di situ Gus Dur diganti, di situ Gus Dur dikudeta. Kok masih klaim menyatakan sebaliknya. Itu jelas sekali dari awal menjadi problem besar bagi kami, karena Gus Dur dilengserkan dari Ketum Dewan Syuro," ujar Yenny Wahid di kantor PBNU, Salemba, Jakarta, Selasa, 9 September 2023.

Pernah Ditangkap KPK Terjerat Kasus Suap, Abah Anton Daftar Lagi Pilwali Malang Lewat PKB

Yenny menjelaskan, proses kudeta yang dilakukan Cak Imin pada Muktamar PKB Ancol bukan terjadi di belakang layar, melainkan di hadapan publik. Menurutnya, publik saat ini tidak bisa dibodohi atas klaim Cak Imin tersebut.

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin)

Photo :
  • DPR RI
DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

"Ya ini kan terjadi bukan cuma di belakang layar, tapi Muktamar Ancol ini terjadi di depan publik. Jadi apapun terjadi di belakang layar, layar apa? Layar tancap? Jadi klaim seolah terjadi yang berbeda di belakang layar, enggak usah lihat yang di belakang layar, di depan layar saja," katanya.

Kemudian, Yenny mengatakan bahwa sang ayah sampai mengeluarkan surat sebelum wafat. Isi surat tersebut adalah pesan untuk mengganti Cak Imin. 

Yenny juga membantah bahwa dirinya yang justru mengkudeta Cak Imin dari PKB. Ia mengungkapkan, saat itu dirinya bukan siapa-siapa, sehingga hanya bisa menyaksikan sang Ayah dikudeta oleh Cak Imin.

"Gus Dur sampai mengeluarkan surat. Jadi saya rasa bukti-bukti formal ya menunjukkan bahwa memang telah terjadi pengkudetaan terhadap Gus Dur. Cak Imin boleh saja mengklaim, tapi sampai menjelang beliau wafat, bapak memang masih berwasiat, 'Cak Imin harus diganti'," tuturnya.

Cak Imin sebelumnya menceritakan terkait dengan hiruk pikuk yang terjadi ketika Abdurrahman Wahid alias Gus Dur merasa telah dikudeta oleh Cak Imin menjadi ketua umum PKB. Cak Imin justru menyebut itu sebuah hal yang tidak benar.

Cak Imin memastikan bahwa narasi soal kudeta mengkudeta di PKB itu kerap muncul saat pemilu atau pilpres muncul. Dia menyebut pernyataan itu adalah sebuah pernyataan musiman.

"Tetapi tuduhan saya berkhianat itu sama sekali tidak beralaskan bahkan ada yang menyebut saya kudeta. Yang benar adalah justru saya dikudeta," ujar Cak Imin ketika hadir TalkShow bersama dengan Najwa Shihab yang disiarkan di akun YouTube pribadinya dikutip Selasa 5 September 2023.

Cak Imin menyebut bahwa dirinya adalah satu-satunya ketua umum PKB yang dipecat oleh Gus Dur tidak melakukan perlawanan. Maka dari situ, Cak Imin merasa bahwa dirinyalah yang telah dikudeta.

"Dikudeta oleh orang yang kemudian Gus Dur memberhentikan saya, bahkan saya dengan ikhlas berhenti jadi ketua umum. Saya nonaktif hampir satu tahun saya menyatakan terima atas pemberhentian Gus Dur bahkan termasuk yang paling langka karena semua yang dipecat Gus Dur melawan. Satu-satunya Ketum yang dipecat Gus Dur tidak melawan hanya saya," kata dia.

Namun demikian, ketika dirinya tidak menjabat sebagai ketua umum PKB lantas posisinya digantikan oleh Waketum Ali Maskur dan Sekjen Yenny Wahid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya