Hashim Ungkap Program Makan Gratis Prabowo Tak Akan Dibiayai Konglomerat

Hashim Djojohadikusumo
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengungkap bila Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto jadi presiden, program unggulan yang akan dilakukan adalah menyiapkan program makan gratis bagi anak-anak sampai ibu hamil.

Bukan Hanya Mengedukasi, Tempat Ini Buat Nyaman Anak dan Orangtua

"Pak Prabowo sudah bertekad untuk memperkaya mutu dari angkatan kerja kita. So apa yang mau disampaikan secara real praktis? Pak Prabowo akan melaksanakan program yang tadi disebut makanan gratis," ucap dia kepada wartawan, Rabu 6 September 2023.

Berdasar data perhitungan tim ahli Prabowo, ada 44 juta anak sekolah di Tanah Air. Program tersebut akan menyasar 30 juta anak-anak pra sekolah.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

"Dari segi operasional itu apa, kita sudah hitung ada 44 juta anak sekolah di Indonesia. Tapi untuk melawan stunting dan juga memperkuat angkatan kerja kita yang terdiri dari anak sekolah ini kita juga harus berikan makanan yang bermutu, yang bergizi untuk anak-anak pra sekolah, anak pra sekolah itu terdiri dari 30 juta anak," ujar dia.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

Kemudian, Hashim mengatakan 77 juta ibu hamil bakal ikut program ini. Bersama timnya sudah dilakukan kalkulasi merealisasikan program makan gratis Prabowo. Dia menyebut harus ada dana tambahan Rp400 triliun guna merealisasikannya.

"Dan juga kita harus berikan makanan gratis dan bergizi untuk ibu-ibu yang sedang hamil setiap tahun. Karena ini untuk memperkuat bayi-bayi dalam rahimnya. Semuanya 77 juta jiwa," katanya.

"Saya ditantang dan tim ahli kita ditantang apa kita mampu sebagai negara untuk membiayai ini? Kita sudah hitung untuk program satu kali makan setiap hari, 365 hari kita perlu 400 triliun rupiah tambahan setiap tahun. Apakah ada uangnya? Tim ahli kita sudah hitung secara masak-masak bakal ada uang itu 400 triliun rupiah," ucap Hashim.

Lebih lanjut dia menegaskan pembiayaan program makan gratis dari Prabowo bakal terbebas dari campur tangan para konglomerat. Hashim menegaskan tak akan terlibat dalam program yang digagas.

"Tidak boleh lagi konglomerat-konglomerat yang ikut dalam program ini, termasuk saya, termasuk saya. Tolong dicatat ini nanti tolong direkam sebagai bukti," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan tekadnya melanjutkan program ekonomi Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika dia terpilih menjadi presiden pada 2024.

Hal itu disampaikan Prabowo Subianto menjadi pembicara dalam seminar “Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024” yang diselenggarakan Universitas Kebangsaan Republik Indonesia, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, 15 Agustus 2023. 

Prabowo menyebut, selama ini Jokowi telah menjalankan beberapa aplikasi ekonomi Pancasila yang ia hendak teruskan, yaitu dalam bentuk program safety net unggulan. Dia mengklaim, sebagian banyak program itu untuk membantu masyarakat yang paling lemah.

"Pelaksanaan program-program seperti Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sembako, dan Beras Sejahtera, program rutin Dana Desa untuk hal-hal yang berkaitan dengan padat karya tunai dan membantu stimulus perekonomian di tingkat desa akan kami lanjutkan," kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya