Herman Khaeron: Arah Koalisi Demokrat Bakal Diputuskan usai Rapimnas Bulan Ini

Anggota DPR RI Herman Khaeron
Sumber :
  • Dokumentasi DPR RI

Jakarta Partai Demokrat telah resmi menyatakan tidak lagi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan pada perhelatan pilpres 2024 nanti. Bahkan, Demokrat juga menyatakan diri hengkang dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).  Hingga saat ini, Demokrat belum menentukan arah akan bergabung ke mana dalam Pemilu 2024.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengatakan bahwa sikap politik dari partainya itu akan ditentukan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Namun, Rapimnas itu pun masih digodok waktu pastinya, dia hanya merincikan bahwa Rapimnas akan digelar bulan ini.

"Rapimnas kita masih menunggu waktu, kemarin sebetulnya sudah ditetapkan tanggal 13-14 (September), tetapi kemudian ada perubahan waktu, perubahan jadwal, kami menunggu direktif dari ketua umum, kapan tentu Rapimnas dan hut ini akan dilaksanakan," ujar Herman di kantor DPP Partai Demokrat pada Sabtu 9 September 2023.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Herman Khaeron

Photo :
  • DPR RI

"Karena Rapimnas akan menjadi momentum untuk menetapkan arah koalisi, akan di bulan September," lanjutnya.

PKS Mengaku Siap Hadapi Koalisi Enam Partai di Pilkada Depok 2024

Sejauh ini, kata Herman, partai Demokrat sudah melakukan komunikasi dengan bacapres Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Namun meski begitu, majelis tinggi partai Demokrat lah yang berhak menentukan arah angin koalisinya nanti.

"Alhamdulillah komunikasi berjalan baik dan mudah-mudahan ini adalah membuka jalan apakah nanti ke pak Ganjar atau ke pak Prabowo tentu akan ditentukan di Majelis Tinggi Partai dan terus kami bekerja," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya