PDIP Akui Ridwan Kamil Masuk Radar Cawapres Ganjar, Ada Tapinya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama.

Jakarta – Politikus PDIP Andreas Hugo Pareira mengakui mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) masuk bursa partai pengusung Ganjar Pranowo untuk menjadi bakal cawapres

PDIP Lempar Sinyal Siap Koalisi dengan PAN Usung Khofifah di Pilgub Jatim

Hanya saja, ditekankan Andreas, PDIP tetap menjaga etika politik karena Ridwan Kamil merupakan Waketum Partai Golkar yang secara partai sudah mendukung Prabowo Subianto capres 2024.

"Kalau dilihat dari aspek elektoral, Ridwan Kamil tentu masuk dalam pantauan radar PDI Perjuangan dan partai-partai pengusung Ganjar Pranowo," kata Andreas, Senin, 11 September 2023.

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Gubernur Jawa Tengah sekaligus bacapres PDIP Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Andreas menuturkan, Ridwan Kamil selalu masuk dalam ranking elektabilitas teratas sebagai cawapres 2024. Menurut dia, hal itu menunjukkan tingkat apresiasi masyarakat yang cukup tinggi terhadap Ridwan Kamil.

Sarankan PDIP-PKS Oposisi, Guru Besar Unand: Dengan Itu, Demokrasi akan Sehat

"Di samping itu Ridwan Kamil juga boleh dibilang figur representasi Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia. Ridwan Kamil juga bisa menjadi figur representasi Golkar sebagai salah satu partai besar di Indonesia," ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira

Photo :
  • DPR RI

Hanya saja, lanjut Andreas, PDIP dan partai pengusung Ganjar akan tetap menjaga etika dalam proses politik menuju Pilpres 2024. Sebab, Ridwan Kamil telah menjadi Waketum Partai Golkar, yang secara formal sudah memutuskan untuk bergabung dengan Prabowo.

"Karena itu, ruang gerak proses politik dan dinamika tentu akan bergerak pada tataran dialog dan komunikasi antara ketua umum dan pimpinan partai untuk menemukan solusi terbaik untuk menetapkan capres/cawapres," ujarnya.

Lebih lanjut, Andreas menambahkan, selain aspek elektoral, PDIP dan partai pengusung Ganjar juga memperhatikan aspek value (nilai) dalam menentukan cawapres pendamping Ganjar Pranowo. 

"Itu karena bukan hanya soal menang-kalah, tetapi setelah menang capres dan cawapres harus merupakan figur-figur yang menyatu dalam visi kebangsaan dan kenegaraan serta saling melengkapi dari aspek teknokratis sehingga dengan demikian platform politik pemerintahan melanjutkan dan mempercepat legacy atau warisan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin bisa terwujud," imbuhnya.

Baliho berlogo banteng Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

Photo :
  • Antara/ Andika Wahyu

Diketahui, Ridwan Kamil merupakan salah satu kandidat cawapres terkuat dan namanya selalu masuk tiga besar elektabilitas cawapres 2024 dalam berbagai survei lembaga-lembaga kredibel. 

Belakangan, nama Ridwan Kamil terus menguat sebagai cawapres Ganjar Pranowo. Bahkan, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono mengatakan pihaknya tidak bisa melarang Ridwan Kamil menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya