Bawaslu sebut Munculnya Ganjar dalam Tayangan Azan Bukan Kegiatan Kampanye

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja.
Sumber :
  • ANTARA FOTO

Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menyebut penyiaran azan yang menampilkan bakal Capres Ganjar Pranowo di salah satu stasiun televisi bukan termasuk kegiatan kampanye. Bagja menegaskan, hingga saat ini belum masuk masa kampanye dan penetapan capres-cawapres di Pilpres 2024. 

Zulhas: Katanya PAN Cuma Bisa Joget, Eh yang Menang Capresnya Gemoy dan Bisa Joget

"Peserta pemilu tidak? Kemudian untuk meyakinkan, meyakinkannya di mana? Eksplisit kan seharusnya? Capres tidak? Bakal capres tidak? Kan belum daftar," kata Bagja di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 12 September 2023.

Viral Capres Ganjar Pranowo Jadi Model Adzan Madrib

Photo :
  • TikTok: manjeliskopi08.id
Menohok! Balasan Petinggi Gerindra ke Ganjar soal Politik Akomodasi: Apakah Salah?

Bagja mencontohkan seperti persoalan yang pernah dialami bakal capres Anies Baswedan. Saat itu, Anies pernah dilaporkan ke Bawaslu karena kegiatan sosialisasinya di Banda Aceh diduga telah melanggar aturan kampanye.

"Sama kayak Mas Anies kan kemarin yang dulu ada perkara. Itu kan saya ingatkan imbau kepada peserta pemilunya, bukan ininya kan," ujarnya

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Kampanye, ditekankan Bagja, apabila seseorang menawarkan visi dan misi, program kerja hingga citra diri. Menurutnya, ketiga hal tersebut harus dipenuhi untuk dapat disebut sebagai kampanye.

"Itu tiga hal yang harus dipenuhi untuk membuat kampanye. Itu jelas dalam UU Nomor 7 Tahun 2017," ujarnya

Politikus PPP Donie Tokan

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Sebelumnya, Juru Bicara DPP PPP Donnie Tokan angkat bicara soal rencana Bawaslu RI yang akan menelusuri dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bakal capres Ganjar Pranowo. Menurut dia, Bawaslu harus bisa membedakan antara niat seseorang mengajak ibadah dengan urusan politik.

Hal itu disampaikan Donnie menanggapi  munculnya sosok Ganjar Pranowo pada tayangan azan di sebuah stasiun televisi. "Kami berharap Bawaslu dapat memahami hal tersebut dan bisa membedakan niat beribadah untuk mengajak kebaikan dan urusan politik," kata Donnie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya