Prabowo Subianto Punya Modal Lengkap Jadi RI-1 di 2024 Gantikan Jokowi

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan bakal Calon Presiden yang dinilai punya modal lengkap bisa jadi RI-1 melalui Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Gerindra itu dinilai sebagai figur bakal capres paripurna.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Pengamat Politik Universitas Widyagama, Malang, Ramadhana Alfaris menganalisa demikian karena Prabowo saat ini dapat banyak dukungan dari berbagai elemen masyarakat. Pun, elektabilitas eks Danjen Kopassus itu juga tinggi dan punya kompetensi kepemimpinan yang tinggi.

"Pak Prabowo dewasa ini sudah lengkap mendapatkan kuantitas dan kualitas," kata Ramadhana dikutip pada Selasa, 12 September 2023.

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Dia menyebut Prabowo terus dapat dukungan dari berbagai macam lapisan masyarakat. Terbaru, Prabowo dapat dukungan dari sejumlah santri, kiai dan nyai Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Kemudian, dari sisi elektabilitas, Prabowo juga mampu buktikan keunggulannya. Dari sejumlah lembaga survei, Prabowo berada di urutan pertama.

Salah satunya dari hasil survei yang dirilis Polling Institute periode survei 21 - 25 Agustus 2023. Dari survei Polling Institute, Prabowo bertengger di urutan pertama dalam simulasi tiga nama Capres. Dari survei tersebut, Prabowo muncul di peringkat pertama dengan raihan angka 36,3 persen.

Di bawah Prabowo ada dukungan yang didapat bacapres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dengan 32,4 persen. Lalu, urutan tiga ada bacares Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan dengan 20 persen.

Maka itu, Ramadhana menilai jelang Pilpres 2024, Prabowo merupakan kandidat capres yang paripurna.

Menurut dia, dengan kombinasi itu, ada peluang Prabowo bisa memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

"Hal itulah yang menyebabkan Pak Prabowo memiliki survei elektabilitas yang tinggi dan bertahan di posisi tertingginya itu," ujar Ramadhana.

Prabowo saat ini merupakan bacapres yang didukung Gerindra, Golkar dan PAN dalam Koalisi Indonesia Maju. Selain itu, ada beberapa parpol non parlemen seperti PBB, Partai Garuda, dan Partai Gelora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya