Ada Unsur TNI-Polri, Cak Imin Bocorkan Kriteria Kapten Timnas Pemenangan AMIN

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Sambangi Markas PKS
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Umum PKB sekaligus bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan kriteria dari kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN (Anies-Cak Imin).

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Menurut Cak Imin, ketua harus memiliki pengaruh kuat. "Satu, punya pengaruh. Kedua, punya pengalaman, ketiga mampu me-manage potensi daya dukung masyarakat," kata Cak Imin kepada wartawan, Kamis, 14 September 2023. 

Cak Imin mengatakan semua pihak yang terlibat dalam Timnas Pemenangan AMIN berasal dari luar partai politik (parpol). Dikabarkan, ada pihak TNI dan Polri yang juga terlibat dalam tim tersebut. "Semua dari luar parpol. Supaya lebih bisa menggerakkan dari luar tindakan partai," ujarnya. 

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Lebih lanjut, Cak Imin mengaku tak tahu berapa orang yang akan masuk dalam Timnas Pemenangan AMIN. Sebab, tiap partai pendukung Anies-Cak Imin masih menggodok lebih lanjut nama-nama yang dimaksud. 

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Bungkam Irma Nasdem, Refly: Harusnya Semua Anggota DPR Itu Oposisi Terhadap Pemerintah!

Namun, kata dia, PKB akan mengerahkan tiga sampai empat orang sebagai perwakilan Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN. "Ya ini masih dari PKB tiga atau empat orang. Dari Nasdem saya belum tahu," tutur Cak Imin.

PKB-Nasdem Bentuk Timnas Pemenangan AMIN

Sebelumnya diberitakan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem, telah resmi membentuk Tim Nasional (Timnas) pemenangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang kemudian menjadi AMIN. Koalisi ini juga tetap menggunakan nama Koalisi Perubahan. 

Namun siapa yang akan menjadi ketua tim pemenangan atau kapten, masih dirahasiakan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKB, Hasanuddin Wahid, menyebutkan, kapten dari Timnas AMIN itu adalah orang di luar Partai Nasdem dan PKB.

"Kalau kapten nanti insya Allah kaptennya itu pasti akan membuat senang. Yang pasti bukan dari PKB atau Nasdem, Insya Allah kaptennya di luar dari dua partai ini," kata Hasanuddin Wahid saat konferensi pers di DPP PKB, Rabu malam, 13 September 2023.

Ia juga menyinggung pernyataan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, yang menyebutkan koalisi ini sebagai politik kebhinekaan. Hal tersebut mencerminkan kapten yang memastikan pasangan Anies-Cak Imin bakal memenangkan Pilpres 2024.

"Surya Paloh bilang, selamat datang politik kebhinekaan. Maka kapten itu yang bisa mencerminkan kebhinekaan itu dan kedua bisa memastikan pasangan ini menang," katanya.

Kendati demikian, Hasanuddin mengaku sudah ada nama yang akan menjabat kapten atau pemimpin dari Tim pemenangan Anies-Cak Imin itu. Namun, Nasdem-PKB masih merahasiakannya.

"Sudah ada nama. Beliau tadi sudah dihubungi minta dirahasiakan dulu. Jangan sekarang, kalau sekarang nanti enggak jadi kejutan. Tadi sudah ada beberapa nama besar yang memberikan konfirmasi ke kami dan kami akan memastikannya," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya