Leksma Jayabaya Tantang 3 Bakal Capres Beri Solusi soal Politik Identitas dan Money Politic

Presiden Lembaga Eksekutif Mahasiswa Jayabaya, Ridha Furqon Wahyu Ramdhani
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Tiga bakal capres 2024 yang potensial bertarung di pilpres, kembali diundang oleh mahasiswa utnuk memaparkan berbagai persoalan bangsa. Kali ini datang dari Universitas Jayabaya.

PKB Hormati Sikap Gelora yang Tolak PKS Gabung ke Prabowo-Gibran

Melalui Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEKSMA) Universitas Jayabaya, mengundang 3 bakal capres yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Undangan ini bertepatan dengan Forum Rakyat yang digelar.

Ketiga bakal capres tersebut, diminta memaparkan solusi berbagai persoalan demokrasi di Indonesia, terutama jelang Pemilu 2024.

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

"Bagaimana ketiga tokoh ini mengatasi money politic, polarisasi politik, politik identitas, dan sebagainya pada Pemilu 2024 sehingga pesta demokrasi berjalan dengan damai," ujar Presiden Leksma Universitas Jayabaya, Ridha Furqon Wahyu Ramdhani,  Kamis 14 September 2023.

Forum Rakyat yang mereka gelar dan berencana menghadirkan ketiga bakal capres tersebut, jelas Ridha, adalah sesuai dengan keputusan MK No 65/PUU-XXI/2023. Dimana kampanye di lembaga pendidikan boleh tetapi dengan beberapa syarat dan batasan.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

"Forum Ini dirancang untuk menghubungkan calon pemimpin bangsa Indonesia dengan  mahasiswa dan pelajar untuk berdiskusi mengenai pemikiran dan rancangan kebijakan setiap bacapres sehingga masyarakat bisa menilai ide-ide serta gagasan yang disampaikan" ujarnya.

Mereka berharap, dengan forum ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Bisa menjadi wadah untuk menguji seberapa jauh pemahaman calon pemimpin Indonesia. Tentu juga bagaimana mereka membuat solusi atas persoalan itu.

Forum ini dirancang bersifat interaktif. Dimana para bakal capres diberi kesemaptan untuk menyampaikan berbagai gagasannya tentang tema tertentu yang dipilih.

"Nanti peserta dari mahasiswa dan pelajar dapat menyampaikan pertanyaan, kritik dan saran kepada narasumber dengan tujuan terciptanya solusi serta kesimpulan akan fenomena yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi," jelasnya.

Ridha menyebut sejumlah tokoh juga diundang dalam Forum Rakyat. Seperti Rocky Gerung, Lanyala Mahmud Mattallitti, Andika Perkasa, Bambang Soesatyo, MS Kaban, Isran Noor, Effendi Simbolon, Fahri Hamzah, Yunarto Wijaya, Fajar Moestar, dan Adji Alfarbi. 

"Mereka kita undang juga untuk membahas berbagai macam kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman demokrasi Indonesia kedepannya menuju pemilu 2024," lanjutnya.

Rencananya Forum Rakyat ini akan digelar pada 2-6 Oktober 2024 di kampus Universitas Jayabaya. 

"Para capres tanggal 6 Oktober. Kami sangat berharap mereka bisa hadir untuk bertemu mahasiswa dan pelajar," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya