Ganjar: Pemimpin Harus Optimisme tapi Bukan Malaikat yang Bisa Selesaikan dengan Kesempurnaan

Bacapres Ganjar Pranowo isi kuliah kebangsaan di kampus FISIP UI
Sumber :
  • YouTube TV UI

Depok – Bakal calon presiden (Bacapres) PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo mengisi kuliah kebangsaan di kampus FISIP UI, Depok, Senin, 18 September 2023. Ganjar bicara soal pemimpin yang mesti bisa berikan rasa optimisme.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Dia mengatakan semua data dan fakta tetap harus disajikan oleh seorang pemimpin. Tapi, menurut dia, pemimpin juga bukan malaikat yang bisa menyelesaikan persoalan dengan kesempurnaan.

"Pemimpin harus memberikan optimisme, data dan fakta boleh disajikan. Dan, pemimpin bukan malaikat yang bisa menyelesaikan dengan seluruh kesempurnaan. Tidak ada itu," kata Ganjar di Kampus UI.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Dia menjelaskan setiap pemimpin memang harus menuntaskan segala keluh kesah rakyat. Menurut Ganjar, kinerja pemerintah Indonesia juga masih banyak PR tapi akan didiskusikan kembali oleh Ganjar.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

"Bahwa ada problem tadi, korupsi iya. Ada problem layanan publik yang buruk, nanti saya diskusikan," kata Ganjar.

Ganjar menyebutkan sudah mendengarkan pelbagai cerita bersama sejumlah stakeholder. Misalnya, kata dia, saat forum KTT ASEAN beberapa waktu lalu. Ia merasa beruntung bisa berbincang dengan menteri ekonomi negara ASEAN.

Bakal capres Ganjar Pranowo saat Kuliah Kebangsaan di kampus UI.

Photo :
  • YouTube TV UI

Dia bilang ASEAN perlu ‘tendangan’ lebih keras untuk menambah kekuatan kawasan.

“Organisasi ini bisa nggak ya menambah nilai bagi kawasan, ketika India tidak mau lagi mengekspor berasnya, Vitnam dan Thailand jadi produsen yang cukup tinggi. Indonesia pun cukup tinggi tapi masih kurang," kata dia.

Pun, ia juga bicara soal peran penting RI dalam forum G20 yang sudah bisa dibuktikan.

"Bahwa G20 kita mendapatkan peran penting, ASEAN kita mendapatkan peran yang cukup penting. Artinya roadmap kita dalam politik global tidak terlalu buruk," imbuhnya

Ganjar hadir mengisi ‘Kuliah Kebangsaan FISIP UI pada Senin 18 September 2023. Dia tiba langsung disambut meriah oleh sejumlah mahasiswa.

Ganjar tiba di gedung balai serbaguna Purnomo Prawiro sekira pukul 09.00 WIB. Begitu tiba, ia menyalami sejumlah dosen FISIP UI.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu pun sempat melontarkan guyon di ruangan tersebut. Sebagian mahasiswa meneriaki politikus PDIP tersebut.

"Pak ganjar, pak ganjar," teriak mahasiswa UI di lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya