Rumor Liar Prabowo Tampar Wamentan di Istana, Jokowi: Tidak Ada Peristiwa Itu

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menepis isu liar dugaan seorang Menteri Kabinet Indonesia Maju yang maju sebagai bakal calon presiden terjadi ketegangan dengan Wakil Menteri Pertanian, Harvick Hasnul Qolbi dalam sebuah rapat kabinet di Istana Negara. Isu liarnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ribut dengan Harvick Hasnul.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

“Setahu saya tidak ada peristiwa seperti itu,” kata Jokowi di Jakarta Timur pada Selasa, 19 September 2023.

Menurut dia, isu-isu seperti ini memang biasa dimunculkan saat memasuki tahun politik. Maka itu, Jokowi meminta agar masyarakat melakukan konfirmasi terkait kebenaran kabar menterinya ribut saat rapat terbatas kabinet.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

“Masa nyekek. Memang tahun politik itu banyak berita-berita seperti itu. Tolong dikroscek, dikroscek kebenarannya. Jangan diterima mentah-mentah setiap ada berita,” ujarnya.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) membantah kabar liar terkait Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi ribut dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Bahkan, beredar isu Prabowo menampar Wamen Hasnul saat rapat kabinet. 

Ketua Kelompok Substansi Pemberitaan dan Strakom, Setjen Kementan Arief Cahyono mengatakan Wamentan tidak hadir saat mengikuti rapat terbatas atau ratas di Istana Negara,

“Kami sudah cek agenda Wamentan dalam 10 hari terakhir, tidak ada agenda beliau hadir mengikuti Ratas di istana mewakili Bapak Mentan SYL,” kata Arief dalam keterangannya Senin, 18 September 2023. 

Arief menyampaikan, tak mungkun ada agenda ratas yang tidak melalui tata keprotokolan di Kementan. 

"Tidak mungkin ada agenda ratas yang tak melalui tata keprotokolan di Kementan, sehingga munculnya berita yang beredar tidak sesuai dengan informasi yang terjadwal dalam agenda pimpinan Kementan," ujar Arief.

Dalam video yang beredar di media sosial, dinarasikan Prabowo jengkel karena Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tak hadir dalam ratas. Syahrul hanya dihadiri oleh wakilnya, Hasnul Qolbi.  Penyebab Prabowo marah karena isunya ada pekerjaan yang tidak dibantu kementerian terkait.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi

Photo :
  • Kementan

Bantahan Gerindra

Dari Gerindra juga sudah bersuara terkait isu tersebut. Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan isu ketua umumnya sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menampar Wamentan dalam rapat di Istana merupakan isu untuk menutupi dukungan yang diberikan Partai Demokrat kepada Prabowo sebagai bakal calon presiden.

"Yang pertama kan harusnya yang ramai di media adalah pasca-bergabungnya Partai Demokrat dengan Koalisi Indonesia Maju, tapi kemudian coba ditutupi oleh isu lain," kata Dasco, di Kompleks Parlemen, Jakarta, S

Dasco bilang bukan kali pertama saja Prabowo diterpa isu tak sedap. Ia menyebut beberapa isu yang menyudutkan Prabowo.

"Kalau Pak Prabowo itu kan sudah sering ya diisukan ada soal beli pesawat bekas, soal kejahatan lingkungan, yang padahal sepeser pun enggak pakai APBN itu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya