Gagal Jadi Cawapres Anies Lalu Dicoret PDIP, Mungkinkah AHY Bisa Duet dengan Prabowo?

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Demokrat AHY.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum berjodoh jadi bakal cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024. AHY juga dicoret PDI Perjuangan (PDIP) dari daftar pendamping Ganjar Pranowo.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

Kini, Partai Demokrat sudah berlabuh ke poros Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024. Lantas, mungkinkan AHY berjodoh jadi tandem Prabowo di 2024?

Elite Demokrat pun buka suara terkait kans AHY jadi cawapres Prabowo. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan sejak awal pihaknya tak pernah punya syarat AHY jadi bakal cawapres. Hal itu termasuk saat Demokrat jadi bagian Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

"Sejak awal Partai Demokrat tak pernah mempersyaratkan Mas Ketum AHY sebagai Cawapres termasuk di koalisi sebelumnya," kata Kamhar saat dikonfirmasi VIVA, Senin malam, 18 September 2023.

Baca Juga: Coret RK dan AHY, PDIP Sebut Mahfud MD Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024

Pilkada Jakarta dan Jawa Barat, Zulhas Bilang PAN Tetap Bersama Gerindra

Dia bilang Demokrat fokus pada platform perjuangan perubahan dan perbaikan. Menurut dia, platform itu juga diupayakan saat berada di koalisi yang baru mendukung Prabowo nyapres. Tak ada syarat cawapres yang diajukan Demokrat.

Kata Kamhar, Demokrat tetap konsisten memperjuangkan aspirasi perubahan dan perbaikan. Ia menyebut dengan aspirasi itu punya makna yang sudah baik dilanjutkan dan ditingkatkan. Lalu, yang kurang baik diperbaiki atau dihentikan, dan menghadirkan hal baru yang diperlukan.

"Semangat perubahan dan perbaikan ini sejatinya diterima dan menjadi komitmen bersama," tuturnya.

Bacapres Anies Baswedan dan Ketum Demokrat AHY di Bandung, Jabar.

Photo :
  • Twittter @aniesbaswedan

AHY sebelumnya dalam poros Anies mencuat sebagai salah satu kandidat kuat bakal cawapres. Namun, dalam dinamikanya Anies memilih Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai tandemnya di 2024. Demokrat yang merasa dikhianati, keluar dari poros koalisi Anies.

Lalu, PDIP juga memasukkan nama AHY sebagai calon duet Ganjar Pranowo. Tapi, karena Demokrat sudah berlabuh ke Prabowo maka AHY dicoret PDIP dari daftar pendamping Ganjar.

Kini, AHY memimpin gerbong Demokrat berada di poros koalisi yang mendukung Prabowo. Sikap resmi Demokrat dukung Prabowo akan disampaikan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Kamis lusa di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya