Kaesang Masuk PSI atau PSSI Itu Hak Dia, Kata Politikus PDIP

Kaesang Pangarep menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dari Ketua Umum PSI Giring Ganesha di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, 23 September 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Aris Wasita

Jakarta - Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Deddy Sitorus mengatakan adalah hak Kaesang Pangarep memilih masuk sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Ahok: Yang Mau Mimpin Jakarta Harus Bisa Buktikan Hartanya Dari Mana

"Kalau Kaesang kemudian memilih PSI, urusan sama kita apa? Tak ada, menurut saya, itu haknya dia," kata Deddy kepada wartawan, Sabtu 23 September 2023.

PDIP tidak bisa melarang-larang putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu memilih berpolitik dengan masuk PSI, katanya. Dia menghargai Kaesang yang akhirnya memilih langkah terjun ke dunia politik. Keluarga Kaesang mulai dari ayahnya, Jokowi, hingga kakaknya sendiri, Gibran Rakabuming Raka, merupakan kader PDIP. Kakak iparnya, Bobby Nasution, juga kader PDIP.

Zulhas Boyong 38 DPW PAN Foto Bareng Jokowi di Istana

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dipanggil PDIP

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kita apresiasi anak muda, anak-anak muda mau masuk ke dalam politik, itu punya mimpi sendiri dan apalagi Kaesang sudah berumah tangga, jadi independen. Dari bapaknya, suka-suka dialah mau apa, mau PSI, mau PSSI, itu kan haknya dia," ujarnya.

Pesan Ahok ke Gubernur Jakarta: Nomor Hp Kasih Tahu ke Warga Supaya Semua Bisa Ngadu

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), resmi menjadi anggota PSI. Penyerahan kartu tanda anggota (KTA) PSI itu dilakukan langsung Ketua Umum PSI Giring Ganesha kepada Kaesang di Solo, Sabtu, 23 September 2023.

Saat penyerahan KTA PSI itu, Kaesang didampingi istrinya Erina Gudono. Penyerahan replika KTA secara simbolik berukuran besar itu juga disaksikan sejumlah petinggi PSI, di antaranya Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagoes Oka dan jajaran pengurus lainnya.

Penyerahan KTA PSI dengan nomor keanggotaan S317420230151515 itu dilakukan di depan rumah pribadi Presiden Jokowi, usai para petinggi PSI mengadakan pertemuan tertutup dengan Kaesang di dalam rumah tersebut. Penyerahan KTA berlangsung dengan suasana penuh keakraban dan kehangatan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution diacara PDIP

Photo :
  • Dokumentasi PDIP

Usai penyerahan KTA PSI, Kaesang Pangarep mengatakan perkenalannya dengan jajaran pengurus maupun kader PSI tidak hanya baru kali ini saja, tetapi sudah berlangsung lama. Bahkan, suami Erina Gudono itu mengaku telah lama menjalin komunikasi dengan jajaran pengurus teras PSI. Dari hasil komunikasi intens tersebut, lambat laun muncul ketertarikan untuk bergabung dengan PSI.

"Saya itu sebenarnya dengan teman-teman PSI bukan baru-baru aja, sebetulnya sudah cukup lama. Saya juga sudah bertemu dengan Bro William, Bro Mongol, dan yang pasti Bro Ketum juga waktu itu di podcast saya. Saya juga sering berkomunikasi intens dengan Pak Wamen, Sis Grace juga. Alhamdulillah komunikasinya slelau lancar, baik dan cair. Tapi kami waktu itu mikir kenapa nggak diseriusin aja sekalian," katanya.

Dari hasil komunikasi dan bertukar pikiran itu, Kaesang mengaku memiliki keinginan yang sama agar anak-anak muda terlibat dalam sektor publik. Anak-anak muda, menurut dia, setiap kali pesta demokrasi lima tahunan sekali itu hanya dijadikan sebagai objek pasif.

"Kita mau mereka anak-anak muda itu menjadi objek yang aktif, karena mau bagaimana pun masa depan Indonesia untuk anak muda Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya