Kaesang Pangarep Jadi Ketum Disindir Menggelikan, Begini Pembelaan PSI

Kaesang Pangarep, Ketua Umum PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang memilih putra bungsu Presiden RI Jokowi Kaesang Pangarep jadi Ketua Umum membuat geger kancah politik nasional. Kaesang yang jadi Ketum PSI disindir menggelikan karena seperti sulap sim salabim.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Menanggapi itu, Juru Bicara sekaligus Ketua DPP PSI Sigit Widodo menilai Kaesang menjadi ketua umum sudah melewati mekanisme yang sah di internal partai. Dia mengatakan demikian karena Kaesang meraih aspirasi dukungan dari 38 DPW se Indonesia.

"Bro Kaesang menjadi ketua umum melewati mekanisme yang sah di internal partai. Ada dukungan dari 38 DPW se-Indonesia dan kemudian ada keputusan pengangkatan sebagai Ketua Umum dari Dewan Pembina," kata Sigit saat dihubungi VIVA, Selasa, 26 September 2023.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketum PSI, Ray Rangkuti: Menggelikan, Seperti Sim Salabim

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Pun, dia beri pembelaan untuk Kaesang dengan membandingkan cara partai politik lain merekrut tokoh sebagai kader mereka. Sigit bilang Kaesang bukan satu-satunya figur yang masuk jadi kader dan langsung naik sebagai pimpinan partai.

Ia menyebut beberapa nama itu seperti Ridwan Kamil yang langsung menjadi Wakil Ketua Umum DPP Golkar. Begitu juga Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi yang diplot menjabat Ketua Harian Perindo.

"Setahu saya Bro Kaesang bukan satu-satunya kader baru yang langsung naik menjadi pimpinan partai politik. Di Partai Golkar ada Pak Ridwan Kamil yang langsung jadi wakil ketua umum, di Perindo ada Pak TGB yang langsung jadi ketua harian," jelasnya.

Maka itu, menurut dia, Kaesang yang menjadi Ketua Umum PSI tak perlu dibesar-besarkan.

"Jadi, sebetulnya biasa-biasa saja Bro Kaesang masuk dan langsung jadi Ketua Umum. Tidak perlu terlalu dibesar-besarkan," tuturnya.

Ray Rangkuti

Photo :
  • Istimewa

Penunjukan Kaesang sebagai Ketum PSI menuai sorotan keras dari berbagai kalangan. Salah satunya yang disuarakan oleh pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia Ray Rangkuti.

Menurut dia, penunjukan Kaesang sebagai Ketum PSI tanpa kaderisasi seperti pertunjukan sulap. Dia merasa geli karena Kaesang diplot jadi Ketum PSI ibaratnya seperti sim salabim.

 “Tidak ada yang paling menggelikan dalam bulan ini di ruang politik kecuali PSI memilih Kaesang sebagai ketua umum partai itu. Seperti sim salabim. Baru sehari bergabung langsung didapuk menjadi ketua umum,” kata Ray, Senin, 25 September 2023. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya