Kaesang Jadi Ketum PSI, Ray Rangkuti: Menggelikan, Seperti Sim Salabim

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama pengurus DPP PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Penunjukan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menuai sorotan keras dari berbagai kalangan. Salah satunya disuarakan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Indonesia Ray Rangkuti.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Ray menyebut penunjukan Kaesang sebagai Ketum PSI tanpa kaderisasi seperti pertunjukan sulap. Dia merasa geli karena Kaesang diplot jadi Ketum PSI seperti sim salabim

“Tidak ada yang paling menggelikan dalam bulan ini di ruang politik kecuali PSI memilih Kaesang sebagai ketua umum partai itu. Seperti sim salabim. Baru sehari bergabung langsung didapuk menjadi ketua umum,” kata Ray kepada awak media, Senin, 25 September 2023. 

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

Menurut dia, penunjukan Kaesang sebagai Ketum PSI memiliki target untuk meraup suara di Pemilu 2024.  “Tujuannya jelas, meraih suara pada pemilu 2024 yang akan datang,” kata Ray. 

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Meski demikian, Ray mengaku, tidak tahu persis seperti apa mekanisme internal partai yang mengklaim sebagai partai anak muda itu hingga Kaesang ujug-ujug didapuk menjadi ketua umum. 

“Bila merujuk ke suasana ini, maka sangat patut kita geli melihatnya. Bagaimana tidak? Orang yang baru sehari ditetapkan sebagai anggota, tetiba sudah ditetapkan jadi ketua umum,” lanjut Ray.

Bagi dia, cara PSI itu seperti mengabaikan mekanisme pemilihan pucuk pimpinan partai politik atau organisasi apapun.

 “Cara ini mengabaikan banyak aspek dalam memilih Ketum yang mestinya hadir dalam organisasi apapun,” kata aktivis 1998 tersebut

Diketahui, figur Kaesang Pangarep bikin geger kancah politik Tanah Air. Setelah diperkenalkan sebagai kader, selang dua hari kemudian dia resmi didapuk sebagai Ketum PSI menggantikan Giring Ganesha.

Kaesang Pangarep, Ketua Umum PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Keputusan Kaesang jadi Ketua Umum itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Dewan Pembina PSI yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie dalam acara Kopdarnas di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin malam, 25 September 2023.

"Surat Keputusan Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia memutuskan, menetapkan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia," kata Grace Natalie.

Sinyal Kaesang merapat ke PSI sudah terlihat dalam beberapa hari terakhir ini. Salah satunya siluet video yang diduga Kaesang di akun media sosial PSI. Tak ada hitungan sepekan, para petinggi PSI pun terbang ke Solo, Jawa Tengah untuk ‘memperkenalkan’ Kaesang sebagai kader baru mereka.

Dalam momen di Solo itu, Giring Ganesha dan kawan-kawan menyerahkan kartu tanda anggota atau KTA untuk Kaesang. Lokasi pengenalan Kaesang oleh PSI itu pun dilakukan di depan rumah keluarga Presiden Jokowi di Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya