Sosok Ini Dinilai Jadi Kunci Sukses Konsolidasi Akbar Anies-Muhaimin di Sulsel

Antusias warga Sulsel hadiri jalan gembira Anies-Muhaimin (AMIN) di Makassar.
Sumber :
  • Supriadi Maud

Jakarta – Konsolidasi akbar pendukung capres dan cawapres bertajuk Jalan Gembira bersama Anies-Muhaimin menuai sukses besar. Lebih dari satu juta massa tumpah ruah memenuhi jalan Jenderal Sudirman, Makassar pada Minggu 24 September 2023 lalu.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Tamsil Linrung merupakan sosok di balik peristiwa politik terbesar yang pernah terjadi di Sulsel tersebut. Tamsil adalah anggota Dewan Perwakikan Daerah (DPD) dari daerah pemilihan Sulsel yang kembali maju pada pemilu 2024 mendatang. Sebelumnya, inisiator Posko Pilihan Rakyat (PPR) ini duduk di Dewan Perwakikan Rakyat (DPR) selama tiga periode.

Anggota DPD Tamsil Linrung (dua dari kanan)

Photo :
  • Istimewa
Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai, Tamsil Linrung merupakan politisi kawakan yang punya kemampuan sebagai solidarity makers. “Peristiwa hari ini membuktikan kapasitas pak Tamsil Linrung sebagai kekuatan perekat. Beliau sosok yang diterima dan mampu berkomunikasi dengan semua kalangan,” terangnya kepada media.

Menurut CEO Voxpol Center ini, pasangan Anies-Muhaimin diuntungkan dengan tampilnya figur mumpuni seperti Tamsil Linrung yang piawai menyatukan semua komponen pendukung. Sebab salah satu tantangan menjaga stamina elektabilitas dalam kontestasi yang panjang adalah soliditas koalisi, baik dari unsur parpol maupun relawan dan juga tokoh-tokoh masyarakat.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

“Saya memantau, aktivitas Anies-Muhaimin dalam beberapa hari di Sulsel juga banyak didukung oleh tokoh-tokoh lokal. Termasuk pengusaha. Pak Tamsil, memberikan ruang kepada semua. Tidak mendominasi. Hal itu menunjukkan kematangan leadership,” imbuhnya. 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung

Photo :

Pangi berpandangan, Tamsil Linrung adalah the next Jusuf Kalla yang dikenal sebagai politisi kawakan dari Sulsel. “JK politisi senior yang punya endurance kuat di panggung nasional. Kita melihat sosok Tamsil Linrung memenuhi kriteria tersebut. Pak Tamsil juga dekat dengan para petinggi di berbagai parpol,” papar Pangi. 

Mengenai kans pasangan Anies-Muhaimin mengunci kemenangan di Sulsel, Pangi mengemukakan analisisnya. “Ada enam jutaan daftar pemilih tetap di Sulsel. Sesuai klaim bahwa hari ini hadir satu juta pendukung berkumpul di Makassar, maka itu angka yang tidak kecil. Artinya, tanda-tanda kemenangan pasangan ini di Sulsel bukan sesuatu yang sulit untuk diraih. Apalagi tidak ada kandidat yang mampu mengumpulkan massa sebanyak itu,” pungkas Pangi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya