Hanura DKI Dukung jika Ganjar Pilih Mahfud MD sebagai Cawapres

Bacapres Ganjar Pranowo dan Menkopolhukam Mahfud MD
Sumber :
  • instagram @ganjar_pranowo

Jakarta - Ketua DPD Partai Hanura DKI Jakarta Jimmy Charles Kawengian mendukung apabila bakal calon presiden (capres) PDI Perjuangan Ganjar Pranowo memilih Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Namun, dia mengingatkan bahwa pernyataannya itu bersifat pribadi karena keputusan akhir terkait bakal cawapres akan ditentukan dalam pembahasan pimpinan partai pengusung dan pendukung.

"Tanggapannya, kalau menurut Pak Ganjar beliau terbaik (Mahfud MD), saya dukung saja; namun, semua keputusan dari pembahasan partai. Saya pribadi dukung saja siapa pun yang dipilih Pak Ganjar," kata Jimmy di Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Ganjar Pranowo

Photo :
  • X @ganjarpranowo

Jimmy menjelaskan bahwa terkait bakal cawapres Ganjar, siapa pun memiliki peluang yang sama.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Menurut dia, kalaupun ada calon pilihan dari Ganjar untuk menjadi wakilnya, itu sah-sah saja dan tentunya Ganjar akan menyampaikan itu kepada partai-partai pendukungnya sehingga akan menjadi pembahasan bersama.

"Yang pasti cawapres Ganjar nanti adalah tokoh nasional yang dianggap mumpuni mengangkat elektabilitas guna meraup suara serta mampu berikan yang terbaik untuk NKRI tercinta," ujarnya.

Selain itu dia menegaskan bahwa sesuai pernyataan sikap dari Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta saat pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati dan jajaran beberapa waktu lalu bahwa Partai Hanura akan mendukung secara “all out” bakal capres Ganjar Pranowo.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan tiga petinggi parpol pendukung Ganjar Pranowo.

Photo :
  • istimewa

Menurut dia dukungan itu bukan dalam bentuk "koalisi", tapi bentuknya “kerja sama" dengan PDIP dan partai pendukung Ganjar lainnya.

"Alasannya agar semua partai pendukung itu sejajar tingkatannya dan benar-benar bisa secara maksimal memenangkan GP sebagai Presiden RI 2024--2029," tuturnya.

Sebelumnya, Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu mengungkapkan nama Menko Polhukam Mahfud MD intensif dibahas di internal partai untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Masinton menyebut pengalaman Mahfud dalam memimpin lembaga pemerintahan jadi pertimbangan.

Lembaga riset Internasional Ipsos Public Affairs merilis telesurvei untuk mengetahui perkembangan dan dinamika seputar Pilpres 2024. Hasil survei-nya menyebutkan bahwa Menko Polhukam Mahfud MD merupakan sosok paling diharapkan untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo.

Survei itu menyebutkan bahwa para pemilih Ganjar Pranowo mengharapkan calonnya berpasangan dengan tiga calon utama.

Ketiga pilihan utama yang diharapkan menemani Ganjar Pranowo yakni Mahfud MD dengan 22,96 persen, Erick Thohir 18,89 persen, dan Sandiaga Uno 16,67 persen. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya