Jokowi: Enggak Ada Pesan Buat Kaesang Usai Jadi Ketum PSI, Sudah Gede

Kaesang Pangarep, rapat pertama usai jabat Ketua Umum PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Cianjur - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak memberikan pesan apa-apa kepada putra bungsunya, Kaesang Pangarep yang didapuk menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang resmi diumumkan sebagai Ketum PSI dalam forum Kopi Darat Nasional atau Kopdarnas, Senin malam, 25 September 2023.

Jokowi Bakal Turun Tangan Benahi Bea Cukai yang Banyak Masalah

“Enggak ada (pesan). Udah gede. Kaya kebanyakan pesan,” kata Jokowi usai meresmikan Jambore Nasional Parmusi di Cianjur, Jawa Barat pada Selasa, 26 September 2023.

Jokowi mengatakan Kaesang memang sempat meminta restu untuk terjun ke dunia politik. Sebagai orang tua, kata dia, tentu merestui langkah yang diputuskan oleh anaknya.

KIP Pastikan Tak Ada Calon Independen di Pilgub Aceh 2024

Dia mengatakan demikian karena status Kaesang yang sudah berkeluarga sehingga harus mandiri dan bertanggungjawab atas apa yang diambilnya.

Terpopuler: Sarwendah Ancam Netizen sampai Jokowi Hadir ke Nikahan Rizky Febian

“Ya minta doa restu orang tua, ya saya restui. Sudah dewasa, sudah punya keluarga, sudah punya istri, masa ditanyakan ke bapaknya terus,” ujarnya.

Jokowi bilang kepada putranya agar harus mandiri atas apa yang diputuskan. Namun, kata dia, segala risiko juga harus diperhitungkan ke depannya sendiri.

“Di dalam keluarga saya sudah terbiasa seperti itu, bahwa kalau sudah berkeluarga. Apalagi sudah punya istri, punya rumah sendiri, ya harus tanggung jawab, harus mandiri apa yang sudah diputuskan, pasti dihitung baik buruknya, dihitung risikonya,” jelas dia.

Didapuknya Kaesang jadi Ketum PSI melalui forum Kopdarnas. Kaesang menggantikan posisi Giring Ganesha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya