Kaesang Ungkap Pesan dari Jokowi setelah Resmi Ditunjuk Jadi Ketum PSI

Kaesang Pangarep, Rapat Pertama Usai Jabat Ketua Umum PSI
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Kaesang Pangarep mengungkapkan pesan dari sang bapak yaitu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasca dirinya ditunjuk sebagai Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Menurut Kaesang, tak lama setelah terpilih jadi Ketua Umum PSI, Jokowi dan dirinya sempat berkomunikasi melalui telepon.

Gerindra Sebut Jokowi Dimungkinkan Jadi Penasihat Presiden Terpilih Prabowo

"Kalau dari Bapak, cuman telepon, bagus," kata Kaesang di Kantor DPP PSI, Jakarta, Selasa, 26 September 2023. 

Presiden Jokowi dan Kaesang jelang pergantian tahun baru 2019.

Photo :
  • Biro Pers
Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil

Selain itu, kata Kaesang, PSI telah merencanakan berkunjung dan bertemu Presiden Jokowi untuk meminta wejangan. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengakui memberikan restu kepada putranya, Kaesang Pangareng, untuk berkiprah di politik melalui PSI.

"Ya, minta doa restu orang tua. Ya, saya restui," kata Jokowi.

Galangan Kapal Panji Gumilang Masih Disegel, Alvin Lim Kritik Pemkab Indramayu

Terkait dengan penunjukan putranya sebagai Ketum PSI, Jokowi mengatakan bahwa Kaesang Pangarep sudah dewasa dan memiliki keluarga.

"Ya, ditanyakan kepada PSI, tanyakan kepada Kaesang, wong sudah dewasa, sudah punya keluarga, sudah punya istri, masa ditanyakan kepada bapaknya terus," kata Jokowi.

Meski sudah berkomunikasi dengan Jokowi, Kaesang mengaku belum sama sekali bicara dengan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka. Dia mengatakan Gibran sibuk dengan tugas Wali Kota Solo.

"Saya juga kemarin setelah dinobatkan sebagai ketum PSI saya belum ada komunikasi lanjut dengan Mas Gibran. Mau gimana pun beliau juga sibuk sebagai Wali Kota Solo, jadi saya juga enggak ganggu lah intinya," kata Kaesang.

Sebelumnya diberitakan, Agenda Kopdarnas Partai Solidaritas Indonesia atau PSI, menetapkan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI yang baru, menggantikan Giring Ganesha.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama pengurus DPP PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, yang mengumumkan hal itu. Bermula, saat dibacakan SK pengangkatan Giring dan Plt Sekjen Isyana sebagai anggota Dewan Pembina.

Setelah itu, Grace kembali mengumumkan pengumuman siapa yang menjadi Ketua Umum PSI.

"Bro Giring dan sis Isyana sudah purna tugas, naik menjadi dewan pembina," kata Grace, Senin malam 25 September 2023.

Setelah itu, ratusan kader PSI meneriakkan nama Kaesang Pangarep. Putra Presiden Joko Widodo itu kemudian diteriakkan sebagai ketua umum.

"Sebutkan namanya," kata Grace, disambut teriakan dan tepuk tangan terhadpa Kaesang.

Lalu Kaesang ditampilkan dalam video pendek, sembari menerikkan nama 'Bro Kaesang' untuk maju dan naik ke atas panggung. Setelah itu, dibacakan mandat oleh Grace setelah Kaesang resmi dikukuhkan sebagai Ketua Umum PSI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya