Anies 'Merapat' ke Habib Rizieq, Guntur Romli: Kubu Prabowo Makin Melemah Ditinggal Barisan 212

Anies Baswedan-Gus Imin jadi saksi pernikahan putri Habib Rizieq
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta - Kedatangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ke Petamburan, Tanah Abang untuk bertemu dengan Habib Rizieq Shihab (HRS) jadi sorotan. Kedatangan Anies dan Cak Imin itu karena jadi saksi nikah pernikahan putri HRS.

Momen Mahfud MD, Ketua MA hingga Ketua THN Amin Baca Puisi di Halal Bihalal IKA UII

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Guntur Romli pun ikut mengomentari Anies-Cak Imin yang bertandang ke Petamburan. Dia curiga Anies coba peruntungan dengan kembali merapat ke HRS.

"Anies mencoba peruntungan dengan kembali merapat ke Rizieq setelah berhasil di Pilkada DKI dengan memainkan politik identitas dan isu SARA," kata Guntur, dalam keterangannya, Kamis, 28 September 2023.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Dia menyoroti cara itu untuk dipraktikan Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Namun, Ketua Umum Gerindra itu dinilai gagal total di 2019 meski saat itu didukung HRS.

"Prabowo mengulangi cara Anies untuk Pilpres 2019 gagal total, sekarang untuk Pilpres 2024 Anies, diikuti Imin, merapat kembali ke Rizieq," jelas Guntur. 

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Anies Baswedan-Gus Imin jadi saksi pernikahan putri Habib Rizieq

Photo :
  • Istimewa

Guntur membaca manuver Anies itu sebagai alarm yang dicurigainya akan ada permainan politik identitas dan isu SARA seperti di Pilkada DKI dan Pilpres 2019. 

"Ini cara Anies untuk terus menarik barisan 212 yang masih ada di kubu Prabowo agar kembali ke Anies, dengan menunjukkan bahwa Anies adalah "loyalis" Rizieq," tutur Guntur.

Bagi dia, peristiwa Anies ke Petamburan dimaknai ada pesan kepada Jokowi. Kata dia, pesan itu bahwa Anies sebagai antitesa Jokowi.

"Bahwa Anies dan Imin semakin jadi antitesa Jokowi. Karena Jokowi yang membubarkan FPI yang didirikan Rizieq, tapi Anies justru mesra dengan Rizieq," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menilai akan ada beberapa dampaknya. Menurut dia, salah satu dampak itu kubu Prabowo akan melemah karena ditinggal kelompok Persaudaraan Alumni (PA) 212.

"Kubu Prabowo makin melemah karena ditinggal barisan 212 yang selama ini menjadi ceruk dukungan buat Prabowo," tutur pentolan relawan Ganjar Pranowo tersebut.

Lalu, menurut dia, kubu Prabowo diprediksi akan terpancing melakukan cara yang sama dengan menggandeng tokoh-tokoh 212. Caranya dengan merangkul tokoh 212 yang masih berada di barisan Prabowo.

"Yang masih ada di barisan Prabowo untuk menghentikan eksodus barisan 212 dari kubu Prabowo," ujarnya.

Lantas, bagaimana dengan kubu Ganjar, Guntur mengklaim tak tertarik "Kubu Ganjar? Tidak tertarik dengan barisan 212," sebutnya.

Pasangan bacapres dan bacawapres Anies-Cak Imin menghadiri pernikahan putri HRS Syarifah Fairuz Syihab dengan Sayyid Muhammad Bagie Alathas, pada Rabu malam 27 September 2023. 

Anies dipercaya jadi saksi dari pihak perempuan. Kedatangan Anies-Cak Imin ditemani Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali dan Wakil Ketua Umumm DPP PKB Jazilul Fawaid. Mereka disambut antusias para habaib dan jemaah yang mengenakan pakaian putih-putih. 

Juru Bicara Anies Baswedan, Angga Putra Fidrian menjelaskan, kedatangan Anies-Cak Imin bersama petinggi partai Koalisi Perubahan untuk menghadiri dan menghormati undangan pihak penyelenggara. 

"Pak Anies kan orangnya sangat menghormati orang lain. Apalagi undangan. Semua didatangi karena Bapak menghormati dan tidak pernah membeda-bedakan orang lain. Setiap Sabtu Minggu nyaris waktu Bapak diisi untuk menghadiri pernikahan warga," kata Angga, dalam keterangannya, Kamis, 28 September 2023. 

Dari Badan Pekerja Anies-Cak imin (Baja AMIN) juga buka suara soal tujuangan ke Petamburan. Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim  menjelaskan kedatangan Anies-Cak Imin  hanya sekadar menghadiri pernikahan putri HRS, bukan untuk membahas politik. 

“Setahu saya beliau (Cak Imin) hadir karena diundang oleh HRS dalam pernikahan putra-putri beliau. Jadi bukan pertemuan politik punya agenda khusus,” kata Lukman, sapaan akrabnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya