Diusulkan Jadi Ketua Umum PDIP, Jokowi: Saya Mau Pensiun, Pulang ke Solo

Presiden Jokowi menyampaikan pidato di HUT ke 78 TNI
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaPresiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara soal namanya diusulkan menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan pengganti Megawati Soekarnoputri nanti. Sepertinya, Jokowi mau pensiun usai menjabat Presiden Republik Indonesia pada 2024 mendatang.

Meski Rival Sengit, AS Tetap Sampaikan Belasungkawa Atas Meninggalnya Presiden Iran

“Saya mau pensiun, pulang ke Solo,” kata Jokowi di Lapangan Monas pada Kamis, 5 Oktober 2023.

Ganjar Pranowo, Jokowi dan Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • Istimewa
Jokowi Met with the President of Fiji, Discussing 3 Important Issues

Sebaiknya, kata Jokowi, jabatan ketua umum partai berlambang banteng itu diisi oleh kalangan muda seperti Ketua DPR RI, Puan Maharani maupun Ketua DPP PDI Perjuangan, Muhammad Prananda Prabowo. Keduanya merupakan anak dari Megawati.

“Banyak yang muda-muda. Mbak Puan, Mas Prananda. Gitu kan,” ujarnya.

Ngefans Banget Sama Prabowo Subianto, Hard Gumay Siap Pasang Badan: Gue Rela Ditembak, Ditusuk

Sebagai informasi, usulan Presiden Jokowi menjadi ketua umum PDI Perjuangan itu disampaikan Guntur Soekarno yang merupakan putra sulung Presiden pertama RI, Ir. Soekarno.

"Langkah Jokowi untuk menjadi Ketua Umum PDIP ini sangat dimungkinkan," kata Guntur.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto buka suara soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diusulkan menjadi ketua umum menggantikan Megawati Soekarnoputri. Hasto mengatakan partainya tetap menerima usulan sebagai sebuah masukan. Namun, ia menyebut partainya saat ini masih fokus pada pemenangan Pemilu dan Pilpres 2024.

"Ya, sebagai gagasan, tentu saja kami menerima sebagai masukan. Tetapi terkait dengan PDI Perjuangan, skala prioritas memenangkan pemilu," kata Hasto kepada wartawan di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 September 2023.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Kemudian, proses pergantian kepemimpinan ketua umum PDI Perjuangan akan dibahas setelah pemilu mendatang, melalui Kongres keenam partai yang akan digelar pada 2025. Dalam forum itu, lanjut dia, proses transisi pergantian ketua umum akan ditentukan oleh suara kader.

"Nah, di dalam kongres itu, kedaulatan berada di tangan anggota. Itu lembaga pengambil keputusan tertinggi, sehingga itulah yang nanti mekanisme yang berjalan di dalam partai," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya