Demokrat Sebut 4 Nama yang Paling Kuat jadi Bacawapres Prabowo: Ada Khofifah hingga Gibran

Prabowo Subianto dan Ketum Demokrat AHY, Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Demokrat mengatakan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sudah mengerucut ke empat nama. Hal itu disampaikan juru bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra.

Anies: "Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

"Kami mendengar, cawapres Bapak Prabowo Subianto menguat pada empat nama," kata Zaky dalam keterangan tertulis, Senin, 9 Oktober 2023.

Salah satu dari empat nama yang mengerucut menjadi bakal cawapres Prabowo ialah Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

"Airlangga Hartarto yang diusung Partai Golkar, Erick Thohir yang diusung Partai Amanat Nasional, Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Solo dan Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur," ujar Zaky.

Bacapres Prabowo Subianto di Rapimnas Partai Demokrat.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ini Harapan Industri Hulu Migas RI ke Prabowo Sebagai Presiden RI Selanjutnya

Dia menyebut Prabowo akan meminta pandangan dari masing-masing pimpinan partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju sebelum memutuskan sosok bacawapres. 

Pun, mewakili Demokrat, Zaky berharap cawapres yang dipilih Prabowo nantinya merupakan sosok tepat dalam membawa kemenangan di Pilpres 2024.

"Kami dari Partai Demokrat juga akan memberikan pertimbangan dan masukan ketika hal tersebut diminta. Tapi tentu saja, bagi Partai Demokrat, Bapak Prabowo-lah yang akan memutuskan siapa cawapresnya nanti," ujarnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • istimewa

Lalu, dia menyampaikan harapan agar figur bacawapres yang dipilih juga beri keuntungan untuk kemenangan Gerindra dan koalisi.

"Ketiga, harapan kami, cawapres yang dipilih oleh Bapak Prabowo Subianto adalah orang yang tepat, dan membawa kemenangan bagi Koalisi Indonesia Maju," sebut zaky.

Terkait nama Gibran, kans Wali Kota Solo itu maju di Pilpres 2024 mesti menunggu putusan Mahkamah Konstitiusi (MK) terkait uji materil batas usia capres-cawapres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya