Pakar: Hubungan Prabowo dengan Keluarga Gus Dur Dekat, Potensi Dapat Dukungan dari Gusdurian

Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto (tengah) berbincang dengan Istri almarhum Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid (kanan) dan anaknya Yenny Wadid (kiri) saat berkunjung ke rumah keluarga Gus Dur di Ciganjur, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta - Bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai punya kedekatan dengan keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Selain sering bertemu beberapa kali dengan keluarga, Prabowo sempat didoakan jadi pemimpin Indonesia di usia tua seperti yang pernah disampaikan Gus Dur.

Eka Gumilar Berpotensi Besar Diusung PKS jadi Calon Bupati di Bandung Barat

Pakar politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menganalisa, kedekatan Prabowo dengan keluarga besar Gus Dur tak perlu diragukan lagi. Menurut dia, kedekatan itu merupakan sesuatu yang positif.

"Soal kedekatan Prabowo dengan Gus Dur kan tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, ada kata-kata Gus Dur yang bilang kalau Prabowo itu akan jadi presiden di hari tuanya," kata Ujang dikutip pada Senin, 9 Oktober 2023.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Menhan Prabowo Subianto Teken MoU dengan Universitas Muhammadiyah Malang

Photo :
  • Dok. Istimewa

Ujang menilai kedekatan Prabowo dengan Gus Dur beserta keluarga besarnya bisa menjadi sesuatu yang positif dalam politik. Dia menuturkan, dengan kedekatan itu berpotensi membuat Prabowo mendapatkan dukungan penuh dari Gusdurian di Pilpres 2024. 

Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

"Itu hal yang positif dan bagus kan, artinya hubungan kedekatannya itu sangat dekat, dengan keluarga Gus Dur juga sangat dekat. Jadi, potensi mendapatkan dukungan dari kalangan Gusdurian juga potensinya sangat besar," tutur Ujang. 

Maka itu, dia menilai adanya kedekatan tersebut tak akan membuat figur Menteru pertahanan RI itu terkendala dapat dukungan dari Gusdurian. Ujang menyebut hubungan baik dengan Yenny Wahid dan keluarga besar Gus Dur jadi keuntungan bagi Prabowo. 

Sebelumnya, Prabowo sempat mengatakan dirinya mengenal baik seluruh sosok Presiden RI tak terkecuali Gus Dur. Ketua Umum Gerindra itu menyampaikan jika dirinya pernah masuk ke kamar tidur Gus Dur dan memijatnya. 

Prabowo Subianto bertemu Yenny Wahid di Kertanegara

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Prabowo menuturkan dirinya sempat berkelakar, lantaran pernah aktif di pencak silat, ia bisa memijat Gus Dur dengan baik. 

"Yang boleh masuk kamar tidurnya Gus Dur termasuk saya, karena dulu waktu saya muda aktif di pencak silat, ya. Saya bisa pijat sedikit lah. Beliau suka dipijat. Jadi saya tukang pijatnya Gus Dur. Presiden ke-5 juga saya kenal. Presiden ke-6 itu, wah itu sahabat saya, senior saya. Presiden ke-7 juga saya sering makan siang bareng ada fotonya," kata Prabowo.

Prabowo merupakan bakal capres 2024 yang didukung dalam poros Koalisi Indonesia Maju dengan anggota partai seperti Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. Selain itu, ada beberapa parpol non parlemen seperti Gelora, PBB, dan Garuda.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya