PDIP Sudah Siapkan Cawapres Ganjar, Diumumkan Sebelum 19 Oktober?

Bacapres Ganjar Pranowo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan figur bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 sudah disiapkan secara detail.

Momen Megawati Disambut Patung Pria Kurus Hidung Panjang di Pameran Butet

"Ya nanti disiapkan, semuanya sudah dipersiapkan dengan detail," kata Hasto kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Oktober 2023.

Namun, saat ditanya mengenai nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa jadi tandem terkuat cawapres Ganjar, Hasto mengaku semua nama sudah diusulkan dengan baik.

Megawati dan Cucu Suka K-Pop

"Ya nama-nama sudah disuarakan dengan baik, sehingga selalu segala sesuatunya dirancang dengan baik, sehingga nanti menjadi satu kesatuan kepemimpinan yang menjawab berbagai persoalan bangsa dan negara," jelas Hasto. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • Istimewa
Sekjen PDIP Sebut Megawati Cermati Presidential Club yang Digagas Prabowo

Hasto juga bicara kemungkinan soal pengumuman bacawapres Ganjar Pranowo yang akan dilakukan sebelum pembukaan pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 19 Oktober 2023 mendatang.

Dia menyinggung soal pengalaman pengumuman Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebelum pendaftaran pasangan capres-cawapres ke KPU.

"Ya bisa seperti itu, bisa juga sebelum pendaftaran diumumkan. Tapi, itu dua peristiwa yang berbeda, pengumuman dulu baru pendaftaran," tutur Hasto.

"Sama dengan Pak Jokowi , KH Ma'ruf Amin, ketika mendampingi Pak Jokowi itu kan diumumkan dulu baru didaftarkan," ujar Hasto.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) bersama Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) di Surabaya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Photo :
  • ANTARA

Nama Khofifah Indar Parawansa dan Mahfud MD dikabarkan menjadi kandidat terkuat bakal cawapres Ganjar Pranowo. Dua nama itu diisukan sudah masuk dalam kantong Megawati Soekarnoputri.

Rumornya dua nama tersebut sudah dibahas dan dikonsultasikan dengan para ketua umum parpol pendukung Ganjar dan Presiden Jokowi.

Ganjar Pranowo pun sempat merespons soal nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD yang jadi bakal cawapres pendampingnya di 2024. 

Menurutnya, siapapun yang terpilih dari kandidat nama cawapres tersebut, akan segera dikomunikasikan.

"Masih, semua masih, semua punya kesempatan yang sama, tinggal komunikasinya saja," kata Ganjar di acara Rakernas IV PDIP, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya