Elektabilitas PDIP dan Ganjar Moncer, Pengamat: Mesin Politik Bergerak Efektif

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

Jakarta - Jelang pendaftaran capres dan cawapres ke KPU, elektabilitas PDI Perjuangan (PDIP) dan Ganjar Pranowo menanjak terutama di wilayah Banten. Mesin politik yang bergerak efektif dan terkonsolidasi dengan baik dinilai jadi pemicu moncernya elektabilitas PDIP dan Ganjar.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menganalisa mesin politik PDIP yang terkonsolidasi dengan baik di Banten jadi memicu elektabilitas Ganjar sebagai bacapres. Ganjar mengalami peningkatan dalam simulasi 3 nama berdasarkan data sosio-demografi Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Pun, dalam simulasi data sosio-demografi LSI pada tiga bulan terakhir elektabilitas Ganjar terus mengalami tren peningkatan. Elektabilitas Ganjar yang meraih 39,2 persen pada akhir September mengungguli elektabilitas Prabowo Subianto 37,9 persen dan Anies Rasyid Baswedan 19,8 persen.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Bagi Ujang, elektabilitas moncer itu juga karena kerja politik partai pengusung dijalankan dengan baik.

"Itu bisa dilihat saat beberapa bulan lalu Sekjen PDIP Hasto dan PPP mengepung Banten untuk menggerakkan mesin politik," kata Ujang, Kamis, 12 Oktober 2023.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Bakal capres Ganjar Pranowo.

Photo :
  • istimewa

Selain itu, Ujang menambahkan, ada peran Rano Karno yang ikut berkontribusi meningkatkan elektabilitas Ganjar di Banten. Menurut dia, Rano selain artis senior juga berpengalaman di dunia politik di Banten.

"Kemungkinan besar iya karena dia salah satu tokoh kuncinya. Bisa jadi karena dia kan dulu Wakil Bupati, Wakil Gubernur, pernah jadi Gubernur, lalu anggota DPR dari Banten," ujar Ujang.

Sementara, pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif IndexPolitica Indonesia Denny Charter menilai mesin politik PDIP dan peran Rano Karno punya peran penting dalam peningkatan elektabilitas Ganjar di Banten.

Denny menuturkan dalam survei Pilkada Banten 2024 yang dirilis lembaganya menunjukkan Rano memiliki elektabilitas sekaligus popularitas tertinggi dengan 85,56 persen. Di bawah Rano ada Wahidin Halim, dan Airin Rachmi Diany di 3 besar nama.

"PDIP sementara ini yang sudah bergerak dan kader-kadernya juga sudah berrgerak. Popularitas Rano Karno pasti akan berpengaruh terhadap elektabiltas Ganjar di Banten, termasuk kerja-kerja di mesin politik PDI Perjuangan," tuturnya.

Bacapres Ganjar Pranowo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Photo :
  • istimewa

Adapun Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi menyebut, selain kader partai, dan relawan, figur Ganjar juga disukai oleh warga Banten.

"Terhadap beliau ya masyarakat Banten, setelah kita telusuri ke bawah, ternyata tingkat kesukaan rakyat kepada Pak Ganjar sangat luar biasa, sangat menyukai," jelas Ade.

Ade menambahan, sekalipun kesukaan warga Banten terhadap Ganjar cukup tinggi, namun popularitas eks Gubernur Jawa Tengah itu masih perlu dinaikkan. Harapannya agar elektabilitas Ganjar bisa terus menanjak.

"Kesukaan rakyat Banten ke Pak Ganjar tinggi. Popularitasnya juga masih perlu dinaikkan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya