Dukung Anies-Muhaimin, Poros Buruh Perubahan: Kita Ingin Capres yang Bukan Pepesan Kosong

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Rapat Koalisi Perubahan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Puluhan buruh dari sejumah serikat buruh di Jakarta yang tergabung dalam Poros Buruh Untuk Perubahan, mendeklarasikan dukungannya untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin). Mereka siap mengawal dan mengantar duet Anies-Muhaimin untuk mendaftar sebagai pasangan capres-cawapres ke KPU, Senin, 19 Oktober 2023.

HNW Ungkap PKS Jakarta Usul Anies jadi Cagub Jakarta, Koalisi Perubahan Bisa Reuni

Dukungan tersebut sebagai kelanjutan dari deklarasi sebelumnya Poros Buruh Untuk Perubahan, di Bogor, Jabar, Sabtu, 14 Oktober 2023. Deklarasi akan terus dilakukan konsolidasi di berbagai kota.

Koordinator Poros Buruh Andy Nuryahya dari DPD LEM Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) DKI Jakarta menyampaikan rencananya sebagian buruh  akan ikut mengantarkan pasangan Amin saat daftar  ke KPU Pusat, 19 Oktober 2023.

DKPP Berhentikan Dua Penyelanggara Pemilu yang Terbukti Melanggar Kode Etik

Pun, Ketua DPD SPSI DKI Jakarta Syamsul Bahri mengatakan, buruh bukan mau berpolitik. Namun, melihat dari 3 bakal capres saat ini, yang peduli terhadap kalangan buruh hanya Anies. 

Poros Buruh Untuk Perubahan deklarasikan dukungan untuk Anies-Muhaimin.

Photo :
  • istimewa
Nasdem soal Peluang Usung Anies di Pilkada Jakarta: Kita Utamakan Kader

Menurut dia, Anies telah menaikkan Upah Minimum Regional (UMR) di DKI Jakarta lebih tinggi dari ketentuan. Eks Gubernur DKI selalu menemui buruh saat didemo. "Jadi, kami mendukung dan akan memenangkan pasangan Anies-Muhaimin," lanjutnya.

Sementara, Ketua DPC FSP LEM SPSI Jaktim Endang Hidayat menjelakan, buruh DKI Jakarta sudah mendeklarasikan dukungan ke Anies sejak 31 Maret 2023.

Ia mengajak seluruh masyarakat khususnya keluarga para buruh untuk memilih Anies di Pilpres 2024. "Pak Anies sudah teruji kepemimpinannya, paling religius, dan kinerjanya bagus," ujar Endang.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Anies Baswedan di Makassar.

Photo :
  • Akun X Anies Baswedan

 Adapun Yumana Sagala dari FSB Garmen, Kerajinab Tektil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) mengingatkan, Anies berikan Kartu Pekerja saat jadi Gubernur di DKI.
 
Ia punya harapan agar kebijakan itu bisa berlaku se Indonesia karena sangat membantu keluarga. Hal itu termasuk juga pemberian KJP (Kartu Jakarta Pintar).

"Karena itu ayo kita ajak keluarga untuk memenangkan Anies. Jangan terlena dengan money politics yang cuma Rp100 ribu," ujarnya 

Kemudian, Ketua DPD FSP LEM SPSI DKI Jakarta Yusuf Suprapto menuturkan, buruh Jakarta harus bisa bersatu. Dia menuturkan duet Amin harus dikawal untuk bisa memang di 2024.

Yusuf menyinggung capres dinilai sebagai capres yang bisa menghancurkan 10 setan industri seperti upah murah.

"Kita usung Capres bukan pepesan kosong, tapi kita usung Capres yang bisa menghancurkan 10 setan industri di tanah air," jelas Yusuf.

Adapun dalam pernyataan deklarasinya, mereka siap mengawal dan bantu mememangkan duet Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

"Kami gabungan Serikat Buruh Serikat Pekerja Dengan ini deklarasikan pemenangan untuk Anies Baswedan & Muhaimin Iskandar sebagai calon presiden dan calon wakil presiden periode tahun 2024 - 2029, dan menyatakan secara bersama-sama untuk membentuk relawan pemenangan dengan nama Poros Buruh Perubahan Untuk Perubahan Anies Baswedan Muhaimin Iskandar Presiden & Wakil Presiden 2024 - 2029," demikian bunyi deklarasi yang dibacakan bersama-sama oleh buruh di kantor DPC FSP LEM Jakarta Timur, Pulo Gebang,  Cakung itu.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya