Amien Rais Umumkan Dukungan Capres dan Cawapres Pilihan Partai Ummat Hari Ini

Amien Rais saat deklarasikan Partai Ummat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

Jakarta – Partai Ummat akan mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden pada hari ini, Rabu 18 Oktober 2023. Deklarasi itu akan disampaikan usai Majelis Syura Partai Ummat bersidang.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Wakil Ketua Umum DPP Partai Ummat Buni Yani mengatakan, sidang Majelis Syura akan dihadiri pimpinan partai. Menurut dia, dukungan capres-cawapres akan diumumkan langsung oleh Ketua Majelis Syura Partai Ummat Amien Rais di kediamannya di Yogyakarta.

"Setelah bersidang, Majelis Syura akan mengumumkan hal penting dan baru mengantisipasi perkembangan politik terbaru. Perkembangan yang begitu cepat dan harus diantisipasi segera," kata Buni Yani, dalam keterangannya, dikutip pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Anies Sebut PKS Sedang 'Galau'

Amien Rais bersama Anies Baswedan saat Rakernas Partai Ummat.

Photo :
  • Twitter Amien Rais Official @realAmienRais

Untuk diketahui, parpol baru yang menjadi peserta Pemilu 2024 tidak bisa dapat mengusung pasangan capres-cawapres. Sebab, parpol baru belum memiliki perwakilan di parlemen.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Parpol baru hanya bisa mendukung pasangan calon. Partai Ummat merupakan salah satu parpol baru peserta Pemilu 2024 yang hanya diperbolehkan sebagai pendukung.

Partai Ummat sebelumnya dalam Rakernas I sudah menyatakan dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. DukuNgan Partai Ummat disuarakan saat gelaran Rakernas I di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa, 14 Februari 2023.

Terkait itu, Buni menjelaskan perbedaan saat Februari 2023 baru mendukung Anies sebagai bakal capres. Kata dia, ketika itu, belum ada cawapres yang diumumkan.

"Sekarang Majelis Syura perlu bersidang untuk mendukung pasangan capres dan cawapres. Pada saat bersamaan Majelis Syura juga akan mengomentari perkembangan politik terakhir," ujar Buni saat dikonfirmasi VIVA, Rabu, 18 Juni 2023.

Budi menuturkan, nama capres dan cawapres pilihan itu akan menunggu hasil Musyawarah Majelis Syuro yang akan diumumkan sore nanti dari kediaman Amien Rais. Dia enggan mendahului nama capres-cawapres yang didukung Partai Ummat.

"Kita menunggu hasil musyawarah Majelis Syura hari ini dan akan diumumkan ba'da ashar sekitar jam 16.00 di kediaman Pak Amien di Yogya," tutur Buni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya